Loading...
iden

Salah Satu Alternatif Bahan Makanan Pendamping ASI Adalah Daging Sapi

Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini sangat menarik karena membahas mengenai konsumsi daging sapi untuk bayi. Orangtua di Indonesia masih sangat jarang yang  memilih daging sapi untuk MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu untuk bayi diatas 6 bulan. Padahal, daging sapi sebagai pendamping ASI adalah jenis makanan yang memiliki gizi yang sangat lengkap, juga protein tinggi yang mudah diserap oleh tubuh.

Misalnya saja seperti lemak, Vitamin D, omega 3, zat besi, Vitamin B Kompleks, dan lain sebagainya,  dimana zat gizi tersebut dapat membantu pembentukan sel sel darah merah. Mengapa orang tua tak memasukkan daging sapi ke dalam daftar MPASI?

Alasannya bahwa daging sapi sulit dicerna. Padahal,  dengan sedikit perlakuan daging sapi tetap bisa  dikonsumsi oleh bayi. Waktu yang tepat untuk memberikan daging sapi sebagai makanan pendamping ASI adalah pada saat bayi sudah memasuki usia 7 bulan, karena sudah bisa mengkonsumsi makanan padat.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik, daging sapi sebaiknya diberikan secara rutin dalam menu MPASI bayi. Contohnya saja setiap satu minggu sekali sehingga anak sudah akan terbiasa untuk mengkonsumsi daging sapi. Tak mahal juga kan jika hanya satu minggu sekali saja?

Cara Memberikan Daging Sapi yang Benar untuk Konsumsi Bayi

Di bawah ini adalah beberapa cara pengolahan yang harus anda perhatikan:

  • Pilih daging sapi dengan bagian lemak yang sedikit, bisa bagian has luar atau paha belakang.
  • Giling halus atau dicacah dengan sangat lembut.
  • Rebus daging cacah atau daging giling tersebut hingga matang. Saat merebusnya, anda akan mendapatkan kaldu yang bisa digunakan untuk membuat bubur atau nasi tim. Saat bubur sudah matang, anda bisa mencampurkan daging sapi cacah yang sudah direbus tersebut untuk kemudian dihaluskan/diblender dan disaring.
  • Apabila bayi sudah memiliki gigi yang cukup lengkap. Cobalah memberikan biskuit atau makanan yang dipotong, jika bisa mengunyahnya, saatnya memberikan olahan daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil.

Sebagai tambahan informasi, pemberian daging sapi sebagai makanan pendamping ASI adalah lebih baik dibandingkan daging olahan seperti nugget, sosis, daging asap, dan bakso karena dikhawatirkan mengandung bahan pengawet dan zat kimia lainnya. Penting juga mengamati efek pemberian daging sapi, apakah ada reaksi alergi yang timbul.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

DR. Ashari, Pakar Studi Kelayakan dan Manajemen Usaha Ternak

Dr. Ashari a biology degree (Department of Zoology / Ecology) in 1970 from the University of Gadjah Mada. Education S3 (Department of Animal Sciences) Doctoral degree (Dr.) in 1992 with a dissertation titled "Goat Ranch perspective on the various Agro-ecosystem in the Road (A Survey on the road and in the case study of two village-Bogor District Ciawi)". Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Australia Feels Threatened by The Model of Meat Selling Through Social Media in Indonesia

Nowadays, people can buy anything using social media such as Instagram to fulfill your needs without going to the store directly. You can buy anything including meat. However, this selling model can disturb the trade of Australian cattle traditionally. This worry is delivered right away by the entrepreneur who has the Australian cow trade, Jimmy Halim. Indonesian people prefer chicken which is freshly cut from the traditional market right away.