Olimpiade Wagyu Penghasil Daging Sapi Termahal di Dunia

Sudah bukan rahasia lagi kalau wagyu memiliki harga yang sangat mahal. Harga jual daging premium asal Negeri Sakura ini bahkan bisa meroket tajam jika menjadi pemenang sebuah kontes sapi. Olimpiade wagyu di Jepang yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali tidak jarang menghasilkan daging wagyu termahal sepanjang masa.

Memiliki nama resmi Zenkyo Beef Competition, olimpiade wagyu di Jepang mengusung konsep mirip Kontes Sapi Tulungagung. Bedanya, kompetisi sapi tingkat tinggi di Negeri Matahari Terbit itu tidak sekedar mencari sapi Jepang yang tampilannya cantik. Kualitas daging dan komposisi lemak putih sebagai ciri khas wagyu juga menjadi bahan penilaian.

 

 

Penghasil Daging Wagyu Termahal

Olimpiade wagyu di Jepang pertama kali diselenggarakan pada 1966 untuk mendorong pertumbuhan industri peternakan lewat ajang kompetisi sapi tingkat tinggi. Di saat bersamaan, pariwisata lokal juga ikut terdorong seiring meningkatnya pamor daging wagyu di negeri asal para Samurai itu.

Sesuai konsepnya sebagai kompetisi sapi tingkat tinggi, tidak sembarang sapi bisa ikut serta. Sapi Jepang yang berkompetisi harus berasal dari ras sapi murni yang sudah diawasi kualitas dan garis keturunan genetiknya selama bertahun-tahun.

Usai kompetisi, sapi pemenang akan disembelih kemudian dilelang dalam sebuah pameran dagang. Karkasnya lantas dijual kepada penawar tertinggi. Kabarnya harga per potongnya bisa mencapai 72.000 Yen atau lebih dari Rp 7,5 juta. Jika Anda melihat daging wagyu di menu sebuah restoran dan terkejut dengan harganya, barangkali inilah alasannya.

 

 

Menunjung Konsep Ikigai

Uniknya, hadiah utama olimpiade daging wagyu tidak berbentuk uang. Pemenang yang biasanya terdiri kelompok peternak hanya akan mendapatkan penghargaan berupa pengakuan. Tentu bukan sembarang pengakuan, karena hal tersebut terbukti bisa membuat sebuah peternakan menjadi penghasil daging wagyu termahal di seantero negeri.

Mahalnya harga daging wagyu tentu tidak dapat dipisahkan dari kualitas yang berasal dari proses panjang pembiakan sapi Jepang. Dalam melakukan pekerjaannya, para peternak selalu menerapkan konsep ikigai yang berarti menjunjung tinggi sebuah nilai hidup.

Para peternak percaya daging wagyu terlezat hanya dihasilkan oleh sapi yang mendapat kasih sayang sepanjang hidupnya. Oleh karena itu, olimpiade wagyu di Jepang umumnya menjadi kesempatan untuk membagikan karya hidup mereka.

Miliki Tubuh bak Binaragawan, Apa Keistimewaan Sapi Belgian Blue?

Asal-muasal serta keistimewaan Sapi Belgian Blue belum banyak terdengar gaungnya di Tanah Air. Usia kedatangan jenis sapi superior asal Belgia ini ke Indonesia, memang baru menginjak delapan tahun. Sehingga, potensinya masih asing bagi kalangan awam. Baca selengkapnya...

Inilah Bumbu Sambal Super Untuk Sop Iga Sapi Bening

Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri dari beberapa iga, mulai dari iga ke 6 sampai dengan iga ke- 12; untuk potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga. Tulang iga, atau short ribs, biasa diberi bumbu untuk dibuat menjadi sop iga sapi bening Baca selengkapnya...

Gejala Dan Penanganan Broyong (Prolapsus Uteri) Pada Sapi

Gangguan reproduksi yang umum terjadi pada sapi diantaranya prolapsus uteri (Broyong) yang sering terjadi pada umur kebuntingan tua. Apabila gangguan reproduksi ini tidak dapat tertangani maka dapat menyebabkan kerugian ekonomi pada usaha peternakan. Baca selengkapnya...

Mengenal Sapi Simental yang Jadi Primadona di Indonesia

Sapi Simental – Di Indonesia terdapat banyak macam sapi yang dibudidayakan. Baik untuk sapi pedaging atau sapi perah. Salah satu jenis sapi yang cukup terkenal di kalangan peternak adalah sapi Simental. Baca selengkapnya...