Penggemar Steak Harus Tahu Manfaat Wagyu Bagi Kesehatan Tubuh

Pernahkan Anda berpikir, sebenarnya seberapa besar manfaat wagyu bagi kesehatan tubuh? Sebab, tidak sedikit uang yang harus dirogoh para penggemar steak demi mencicipi cita rasa dan kelezatan daging sapi khas Jepang ini. Tentu harganya yang mahal harus setara dengan kandungan nutrisi daging wagyu itu sendiri.

 

 

Mengendalikan Tekanan Darah

Daging wagyu merupakan jenis daging sapi asal Jepang yang memiliki pola marmer yang khas. Pola ini dihasilan dari kandungan lemak putih. Semakin tinggi kandungannya, semakin rapat pula pola marmer yang terlihat. Kandungan lemak pada wagyu dengan rasio yang pas mempengaruhi tekstur, aroma, dan rasa gurih alami.

Meskipun kandungan lemak pada wagyu cukup tinggi, namun wagyu tergolong daging rendah kolesterol. Akibatnya, manfaat wagyu bagi kesehatan tubuh bisa dikatakan berlimpah. Salah satunya adalah mengendalikan tekanan darah.

Perlu diketahui, kandungan lemak pada wagyu terdiri dari banyak jenis. Daging wagyu mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 dan omega-6. Selain itu, wagyu juga memiliki lebih banyak asam lemak tak jenuh dibandingkan daging sapi lainnya.

Asam lemak tak jenuh membantu mengendalikan tekanan darah, menjaga suhu tubuh, dan menurunkan resiko penyakit jantung. Selain itu, wagyu dapat dimasukan ke dalam kelompok daging rendah kolesterol berkat kandungan lemak jenuhnya yang sedikit.

 

 

Sumber Nutrisi Lengkap

Kandungan nutrisi daging wagyu yang beragam menambah daftar panjang manfaat wagyu bagi kesehatan tubuh. Sebagai sumber protein hewani, wagyu menyimpan semua asam amino esensial yang dibutuhkan anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Nutrisi daging wagyu juga meliputi zat besi dan mineral natrium. Satu porsi daging wagyu dapat memenuhi 2 miligram atau sekitar 10% kebutuhan zat besi harian yang berguna dalam pembentukan sel darah merah. Sementara itu, natrium bermanfaat menjaga keseimbangan cairan dan suhu tubuh.

Agar setumpuk manfaat wagyu bagi kesehatan tubuh tidak hilang begitu saja, maka sebaiknya olah daging dengan cara yang sehat. Sebagai daging rendah kolesterol, wagyu sudah dilengkapi lemak baik yang berperan sebagai perisa alami. Masakan daging akan tetap lezat meski tanpa tambahan minyak atau mentega.

Miliki Tubuh bak Binaragawan, Apa Keistimewaan Sapi Belgian Blue?

Asal-muasal serta keistimewaan Sapi Belgian Blue belum banyak terdengar gaungnya di Tanah Air. Usia kedatangan jenis sapi superior asal Belgia ini ke Indonesia, memang baru menginjak delapan tahun. Sehingga, potensinya masih asing bagi kalangan awam. Baca selengkapnya...

Perbandingan Harga Sapi Limosin dan Simental, Mana Yang Lebih Mahal?

Di Indonesia ada 2 jenis sapi yang sangat populer karena performa dan bobotnya yaitu sapi Simental dan sapi Limosin. Tampilan kedua jenis sapi ini memang terlihat lebih gempal dan bongsor jika dibandingkan dengan sapi lokal, sehingga ‘menggoda’ mata para pedagang daging dan pemburu hewan kurban. Baca selengkapnya...

Sapi Dapat Hidup Hingga Usia Berapa Tahun?

Sapi perah adalah jenis sapi yang dikembangbiakkan secara khusus karena kemampuannya dalam menghasilkan susu dalam jumlah besar. Pada umumnya, sapi perah termasuk dalam spesies Bos taurus. Pada awalnya, manusia tidak membedakan sapi penghasil susu dengan sapi potong. Apapun jenisnya, seekor sapi dapat digunakan untuk menghasilkan susu (sapi betina) maupun daging (umumnya sapi jantan). Baca selengkapnya...

Obat Murah Meriah Untuk Sapi Mencret

Cara mengatasi sapi yang terkena penyakit, yang harus dilakukan pertama kali adalah menghilangkan penyebab penyakit dan mengatasi efek yang ditimbulkan. Contohnya adalah Diare, penyakit yang membuat sapi menjadi sering buang air besar dengan kondisi tinja yang encer atau berair (mencret). Diare pada sapi umumnya disebabkan oleh beberapa faktor fisiologis berupa perubahan lingkungan ternak, yang meliputi: perubahan pakan, perpindahan ternak, perubahan cuaca, dan pergantian pemeliharaan. Baca selengkapnya...