TRANSLATE

Perbedaan Daging Wagyu Jepang, Amerika, dan Australia

Ketika bersantap di sebuah restoran steak, Anda pasti akan menemukan banyak sekali pilihan daging wagyu dari berbagai negara. Keberadaan wagyu asal Amerika dan Australia seolah telah menggeser daging asal Negeri Sakura. Selain harganya yang lebih mahal, sebenarnya apa sih perbedaan daging wagyu Jepang dengan kedua negara tersebut?

Jepang telah menjadi produsen daging wagyu berkualitas tinggi selama lebih dari seratus tahun. Ironisnya, kuantitas produksi wagyu di masa kini justru didominasi Australia dan Amerika. Negeri Kanguru bahkan sudah menjadi penghasil wagyu terbesar di dunia sejak tahun 2005.

Untuk mengetahui lebih jauh soal perbedaan daging wagyu Jepang dengan negara-negara tersebut, simak ulasannya berikut ini.

 

 

Teknik Kembang Biak

Secara umum, teknik kembang biak sapi wagyu di Jepang, Australia maupun Amerika tidak memiliki banyak perbedaan. Ada dua tahap yang harus dilalui sebelum seekor sapi siap diambil dagingnya. Tahap pembiakan dan penggemukan kira-kira memakan waktu 25-30 bulan.

Perbedaan daging wagyu Jepang dengan negara lain terdapat pada kandungan lemak intramuskular atau marbling yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan populasi sapi wagyu murni di Negeri Matahari Terbit jauh lebih banyak. Peranakan sapi murni merupakan jenis sapi yang memiliki kemampuan menyimpan cadangan lemak hingga 80%.

Sebaliknya, daging wagyu Amerika dan Australia memiliki standar kualitas yang tertinggal akibat pengaruh variasi genetis. Umumnya, sapi wagyu dari negara tersebut lahir dari hasil kawin silang dengan sapi Angus dari Skotlandia. Hasilnya adalah sapi-sapi yang kandungan lemaknya jauh lebih rendah dari nenek moyangnya.

 

 

Kualitas dan Cita Rasa

Perbedaan genetika dan teknik kembang biak sapi wagyu di tiap negara lantas berpengaruh pada kualitas dan cita rasa daging wagyu itu sendiri. Sapi Jepang murni mampu menghasilkan daging dengan skor marbling hingga BMS12 atau setara Wagyu A5. Sementara, Amerika dan Australia sebagai penghasil wagyu terbesar di dunia hanya memproduksi daging wagyu BMS5 dan BMS9.

Kendati begitu, skor marbling bukanlah satu-satunya tolak ukur dalam menentukan cita rasa daging wagyu. Pasalnya, kandungan lemak yang terlalu banyak tidak selalu cocok dengan jenis masakan tertentu. Perihal perbedaan daging wagyu Jepang dengan negara-negara lain seharusnya sekedar menjadi bekal pedoman dalam menentukan pilihan selera.

  • 234

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Cara Bikin Corndog Sosis Sapi

Corndog adalah salah satu camilan asal Korea Selatan yang kini tengah hits di Indonesia. Corndog memiliki cita rasa yang nikmat dan gurih. Corndog terbuat dari sosis dan keju yang dilapisi dengan tepung. Akan tetapi, kini telah bermunculan variasi corndog lain, seperti dibuat dengan kentang, fish cake, rice cake, dan banyak lagi. Apabila Anda ingin mencoba membuat corndog sosis sapi sendiri di rumah. Silahkan simak ulasannyaaaa dibawah ini: Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

Memasak Susu Murni Agar Tidak Pecah, Ternyata Ada Triknya

Buah hati kita yang masih bayi seringkali harus diberikan susu untuk mencukupi nutrisinya dan menjaga tumbuh kembangnya. Namun, seringkali memang kita sudah menyediakan susu namun terlambat disajikan untuk si kecil karena berbagai alasan seperti misalnya si kecil yang sudah terlanjur tertidur. Untuk hal ini banyak orang tua yang kemudian memutuskan untuk memanaskan kembali susu murni namun takut apabila susu tersebut menjadi pecah. Belum lagi bayang bayang bahwa susu murni akan rusak apabila… Baca selengkapnya...
  • 79

    Jual Susu Sapi Murni Ready Setiap Hari

    Langsung dari Koperasi susu SUKA MAKMUR, Grati, Pasuruan. Asli tanpa campuran air dan tambahan apapun Harga: 16ribu/liter (mentah) Pembelian 10Liter harga reseller Yang kemasan botol siap minum juga ada 6ribu/botol (250ml), pembelian Minimum 4botol Free ongkir GKB, randu agung, pongangan dan cerme

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Fokus Pada Sapi Friesian Holstein Dara Adalah Cara Bisnis Sapi Perah Yang Baik dan Benar

Cara bisnis ternak perah Friesian Holstein yang baik dan benar harus memperhatikan sapi dara (heifer). Mengapa begitu? Sapi perah dara pengganti sapi indukan (replacement stock) yang umumnya diganti setiap tahun. Jumlah sapi induk yang harus diganti (culling atau pengafkiran) bisa mencapai 25% dari total populasi. Baca selengkapnya...