Loading...
idarzh-CNenhi

Perbedaan Susu Sapi dan Susu Kedelai Sachet yang Harus Anda Ketahui

Susu sapi dan susu kedelai sachet merupakan dua jenis minuman yang sudah sangat familiar di sekitar kita. Pasti banyak dari kita yang tahu perbedaannya, dimana susu sapi sudah tentu diambil atau diperah dari sapi perah. Sementara itu, susu kedelai sachet diperoleh dari kacang kedelai yang sudah diolah sedemikian rupa, kemudian dikemas didalam sachet.

Tentunya ada perbedaan dari  kedua jenis susu ini, termasuk kelebihan dan juga kekurangannya. Di bawah ini, kami akan membahas lebih banyak tentang dua jenis minuman yang dipercaya mengandung gizi cukup tinggi.

 

 

Berhubungan Dengan Alergi

Susu sapi memiliki kandungan yang disebut sebagai laktosa. Karbohidrat utama pada susu inilah yang ditengarai seringkali menimbulkan masalah pencernaan pada beberapa orang, terutama untuk mereka yang tak toleran terhadap laktosa.

Jika golongan intoleran laktosa tersebut mengkonsumsi susu sapi, laktosa yang terkandung didalamnya akan segera memicu pembentukan gas yang menyebabkan kembung dan diare.

Untuk mereka ini, para ahli gizi menyarankan untuk mengganti asupan susu sapi dengan  susu kedelai. Susu kedelai cair ataupun susu kedelai sachet, diklaim memiliki manfaat mencegah pembentukan gas didalam perut, meskipun masih menjadi perdebatan hingga sekarang. Pada kenyataannya, susu kedelai mengandung banyak senyawa yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia..

 

 

Sumber Susu Sapi dan Kedelai

Sudah jelas bahwa susu sapi dan susu kedelai diambil dari sumber yang berbeda dimana susu sapi diambil dari hewan sedangkan susu kedelai diambil dari tumbuhan (kedelai). Satu cangkir susu kedelai murni yang belum mengalami pengayaan mengandung sekitar 4 gram karbohidrat, 7gr protein, 4.5gr lemak, dan tak mengandung kolesterol. Susu kedelai juga mengandung vitamin B, namun bukan vitamin B12 sehingga susu kedelai tak dapat memberikan asupan kalsium yang signifikan.

 

 

Kandungan Susu Sapi dan Kedelai

Sejak susu kedelai diperkenalkan sebagai produk yang disarankan untuk mengganti susu sapi, kini produk tersebut mulai diperkaya dengan kalsium, vitamin B12, E, dan beragam nutrisi lainnya. Beda dengan susu sapi murni, dimana dalam kondisi segarnya telah mengandung karbohidrat, mineral, vitamin, dan juga lemak, tanpa perlu penambahan dari bahan lain.

Bahkan, satu cangkir susu sapi dapat memenuhi sekitar 30 persen dari kebutuhan kalsium harian dewasa, riboflavin, dan 50% vitamin B12. Namun demikian, susu sapi yang dijual bebas juga sering diperkaya dengan Vitamin D, untuk membantu penyerapan kalsium, termasuk penambahan Vitamin A. Itu sebabnya, susu sapi  yang dianggap sebagai asupan makanan yang lengkap.

 

 

Keunggulan Susu Sapi Perah dan Susu Kedelai

Berikut adalah penjabarannya.

 

1. Keunggulan SUSU SAPI:

  1. Lebih steril karena melalui proses pasteurisasi yang dapat membunuh bakteri, kuman, enzim, dan protein yang tak menguntungkan
  2. Kaya enzim dan 22 asam amino esensial
  3. Susu sapi segar merupakan sumber kalsium terbaik
  4. Sumber vitamin dan antibody
  5. Mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid) atau asam linoleat terkonjugasi untuk melawan kanker

 

2. Keunggulan SUSU KEDELAI:

  1. Tinggi protein dan kaya serat
  2. Mengandung isoflavon untuk mencegah berbagai penyakit seperti kanker, osteoporosis, jantung, dll
  3. Tidak mengandung kolesterol jahat
  4. Memiliki lebih sedikit lemak dibandingkan susu sapi
  5. Memiliki 10x lebih banyak asam lemak atau lemak sehat dibandingkan susu sapi
  6. Berfungsi sebagai pelindung tambahan untuk organ hati
  7. Memiliki jumlah beberapa vitamin dan nutrisi yang lebih banyak

 

Namun memang tak bisa dipungkiri bahwa susu kedelai sachet ini tak bisa menggantikan 100% susu sapi dan kandungannya.

Artikel Yang Banyak Dicari

Sapi Perah Bunting Harus Minum Air Putih Dengan Jumlah Yang Cukup

Walaupun air yang terkandung dalam hijauan yang dikonsumsi bisa mencapai 80% dari total beratnya, namun belum cukup memenuhi kebutuhan air bagi sapi perah bunting. Oleh karena itu tugas anda sebagai peternak adalah menyediakan pasokan air untuk minum sapi selalu tersedia.

Tentang Pakan Ruminansia Untuk Sapi Perah Jantan, Apa Yang Paling Cocok?

Sapi perah jantan memiliki nafsu makan tinggi dan juga tumbuh dengan cepat dan lebih besar, oleh sebab itu jenis pakan ruminansia yang diberikan juga berbeda dengan sapi perah betina

Cara Mengolah Daging Sapi Yang Benar Itu Jangan Dicuci Dahulu Jika Tidak Langsung Diolah

Cara mengolah daging sapi memang sangat beragam, mulai dari pemilihan daging sapi, pembersihan daging, hingga bagaimana cara untuk memasak daging sapi yang baik dan benar. Yang mungkin sedikit membingungkan adalah cara membersihkan daging sapi.

Untung Besar Bagi Usaha Ternak Anda, Jika Bisa Mendapatkan Bibit Sapi Pada Umur Idealnya

Seperti kita ketahui, sapi potong adalah sapi yang secara khusus dipelihara untuk diambil daging beserta lemaknya. Lama penggemukan sapi ini umumnya memerlukan waktu 6 bulan dan sudah bisa diambil hasil dagingnya.

Harga Sapi Perah Friesian Holstein Terkini

Sapi asli Belanda ini memang dikenal sebagai ternak sapi yang paling produktif karena mampu menghasilkan susu dalam jumlah banyak dibandingkan dengan sapi perah jenis lainnya. Itu sebabnya banyak orang mencari informasi mengenai harga sapi perah Friesian Holstein terkini.
  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...