Loading...
iden

Perhatikan Tips Ini Untuk Membuat Bakso Jumbo yang Kenyal dan Tidak Lembek

Bakso merupakan salah satu menu makanan yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Tips dan trik mengolah daging sapi yang tepat sangat dibutuhkan untuk membuat bakso jumbo yang kenyal dan tak lembek.

Meskipun termasuk mudah untuk membuat bakso jumbo, namun apabila dilakukan dengan cara yang salah bukan tak mungkin bakso jumbo justru akan menjadi lembek dan tak enak dimakan. Apa saja yang harus dipersiapkan dan diperhatikan?

 

1. Perbandingan Bahan Pembuatan Bakso Jumbo yang Digunakan

Pertama kali yang harus anda perhatikan dengan seksama adalah tentang perbandingan bahan. Anda bisa mencoba untuk menggunakan perbandingan sebanyak 4 : 1 untuk perbandingan daging sapi giling dan tepung tapiokanya.

 

2. Menambahkan Es Batu ke Dalam Adonan Bakso Jumbo Tersebut

Setelah anda berhasil membuat adonan, maka selanjutnya anda bisa menambahkan es batu ke dalam adonan bersamaan dengan penambahan bumbu. Tahukah anda bahwa ternyata penambahan es batu ini memiliki tujuan agar tekstur bakso menjadi lebih bagus dan kenyal. Namun, ada satu hal yang harus anda perhatikan dimana sebaiknya es batu yang digunakan adalah es yang sudah diserut halus. Apabila anda kesulitan mencarinya, anda bisa menggantinya dengan penggunaan air es.

 

3. Menggunakan Bahan Pengenyal yang Aman

Bagi pemula, bahan pengenyal ini cukup penting perannya karena terkadang bakso jumbo masih saja lembek meskipun anda menggunakan perbandingan bahan yang tepat. Di pasaran sendiri ada beberapa bahan yang dikenal berfungsi sebagai pengenyal untuk bakso dan bahan ini tentu aman untuk digunakan. misalnya saja seperti baking powder atau baking soda, STP atau pengenyal khusus makanan dan putih telur. Apabila anda suka segala sesuatu yang alami, anda bisa menggunakan bahan pengenyal dari rumput laut dimana bahan ini biasanya disebut dengan nama Karagenan. Karena memiliki kualitas tinggi, karagenan memiliki harga yang mahal. Namun, anda bisa mengganti bahan ini dengan menggunakan agar agar bubuk tanpa rasa.

 

4. Merendam Bakso Jumbo ke Dalam Air Hangat

Setelah tips dan trik mengolah daging sapi untuk bakso diatas, maka selanjutnya anda harus memasukkan bakso ke dalam air hangat dengan suhu sekitar 70 derajat celcius terlebih dahulu setelah dicetak. Banyak orang yang seringkali langsung merebus bakso setelah selesai dicetak. Nyatanya, hal ini justru bisa membuat tekstur bakso menjadi lembek. Untuk merendam bakso dalam air hangat, anda bisa menyiapkan panci dengan air yang sudah panas, kemudian masukkan bakso dan masak dengan air kecil dengan waktu sekitar 5 menit atau sampai bakso mengapung.

 

5. Mencelupkan Bakso Jumbo ke Air Es

Tips dan trik mengolah daging sapi untuk bakso yang enak selanjutnya adalah dengan mencelupkan bakso jumbo ke dalam air es setelah bakso matang. Celupkan dengan segera agar proses pemasakan bakso terhentu sehingga bakso buatan anda tak akan menjadi lembek.

Cara Mengolah Hati Sapi Agar Layak Untuk Dinikmati

Hati sapi adalah salah satu jenis jeroan yang cukup digemari para pecinta kuliner tradisional Indonesia. Sebagian zat yang terkandung didalam hati sapi bermanfaat bagi kesehatan, antara lain zat besi yang berfungsi dalam proses pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu hati sapi ini sangat cocok apabila dikonsumsi oleh orang yang mengalami kekurangan kadar sel darah merah yang rendah.

Perlakuan Yang Baik dan Benar Dapat Menjaga Kualitas Produk Susu Segar

Banyak dari anda yang mungkin suka dengan susu sapi. Produk peternakan tersebut memang kaya gizi dan menyehatkan. Citasanya pun sangat enak, apalagi di jaman sekarang ini mulai banyak sekali varian rasa yang bisa ditambahkan sehingga rasanya lebih segar. Namun demikian, susu sapi terbaik untuk dikonsumsi tetaplah susu segar.

"Marosok", A Unique Transaction System in West Sumatra

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction system called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling. The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction system.