Perhatikan Tips Ini Untuk Membuat Bakso Sapi yang Kenyal dan Tidak Lembek

Tips dan trik mengolah daging sapi yang tepat sangat dibutuhkan untuk membuat bakso yang kenyal dan tak lembek. Bakso merupakan salah satu menu makanan yang paling mudah ditemukan di Indonesia.

Meskipun termasuk mudah untuk membuat bakso, namun apabila dilakukan dengan cara yang salah bukan tak mungkin bakso justru akan menjadi lembek dan tak enak dimakan. Meskipun membuat bakso memang gampang gampang susah, bukan artinya anda tak bisa membuat bakso yang enak karena sepanjang anda mengikuti tips dan trik di bawah ini, maka anda akan membuat bakso yang enak dengan tekstur yang pas.

 

1. Memperhatikan Perbandingan Bahan yang Digunakan

Pertama kali yang harus anda perhatikan dengan seksama adalah tentang perbandingan bahan. Tips dan trik mengolah daging sapi untuk bakso yang satu ini sangatlah penting namun sayangnya banyak orang yang masih sering mengabaikannya. Untuk panduan awal, anda bisa mencoba untuk menggunakan perbandingan sebanyak 4 : 1 untuk perbandingan daging sapi giling dan tepung tapiokanya.

 

2. Menambahkan Es Batu ke Dalam Adonan Tersebut

Setelah anda berhasil membuat adonan bakso diatas menjadi rata, maka selanjutnya anda bisa menambahkan es batu ke dalam adonan bersamaan dengan bumbu untuk membuat rasa bakso menjadi lebih nikmat. Tahukah anda bahwa ternyata penambahan es batu ini memiliki tujuan agar tekstur bakso menjadi lebih bagus dan kenyal. Namun, ada satu hal yang harus anda perhatikan dimana sebaiknya es batu yang digunakan adalah es yang sudah diserut halus. Apabila anda kesulitan mencarinya, anda bisa menggantinya dengan penggunaan air es.

 

3. Menggunakan Bahan Pengenyal yang Aman

Tips dan trik mengolah daging sapi untuk bakso selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan pengenyal untuk bakso. Bahan pengenyal ini cukup penting perannya karena terkadang bakso masih saja lembek meskipun anda menggunakan perbandingan bahan yang tepat. Di pasaran sendiri ada beberapa bahan yang dikenal berfungsi sebagai pengenyal untuk bakso dan bahan iniu tentu aman untuk digunakan. misalnya saja seperti baking powder atau baking soda, STP atau pengenyal khusus makanan dan putih telur. Apabila anda suka segala sesuatu yang alami, anda bisa menggunakan bahan pengenyal dari rumput laut dimana bahan ini biasanya disebut dengan nama Karagenan. Karena memiliki kualitas tinggi, karagenan memiliki harga yang mahal. Namun, anda bisa mengganti bahan ini dengan menggunakan agar agar bubuk tanpa rasa.

 

4. Merendam Bakso ke Dalam Air Hangat

Setelah tips dan trik mengolah daging sapi untuk bakso diatas, maka selanjutnya anda harus memasukkan bakso ke dalam air hangat dengan suhu sekitar 70 derajat celcius terlebih dahulu setelah dicetak. Hal ini untuk menjawab kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang dimana mereka seringkali langsung merebus bakso setelah selesai dicetak. Nyatanya, hal ini justru bisa membuat tekstur bakso menjadi lembek. Untuk merendam bakso dalam air hangat, anda bisa menyiapkan panci dengan air yang sudah panas, kemudian masukkan bakso dan masak dengan air kecil dengan waktu sekitar 5 menit atau sampai bakso mengapung.

 

5. Mencelupkan Bakso ke Air Es

Tips dan trik mengolah daging sapi untuk bakso yang enak selanjutnya adalah dengan mencelupkan bakso ke dalam air es setelah bakso matang. Celupkan dengan segera agar proses pemasakan bakso terhentu sehingga bakso buatan anda tak akan menjadi lembek.

Di tag dibawah

Artikel terkait

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...