Loading...
idarzh-CNenhi

Perhatikan Tips Ini Untuk Membuat Bakso Jumbo yang Kenyal dan Tidak Lembek

Bakso merupakan salah satu menu makanan yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Tips dan trik mengolah daging sapi yang tepat sangat dibutuhkan untuk membuat bakso jumbo yang kenyal dan tak lembek.

Meskipun termasuk mudah untuk membuat bakso jumbo, namun apabila dilakukan dengan cara yang salah bukan tak mungkin bakso jumbo justru akan menjadi lembek dan tak enak dimakan. Apa saja yang harus dipersiapkan dan diperhatikan?

 

1. Perbandingan Bahan Pembuatan Bakso Jumbo yang Digunakan

Pertama kali yang harus anda perhatikan dengan seksama adalah tentang perbandingan bahan. Anda bisa mencoba untuk menggunakan perbandingan sebanyak 4 : 1 untuk perbandingan daging sapi giling dan tepung tapiokanya.

 

2. Menambahkan Es Batu ke Dalam Adonan Bakso Jumbo Tersebut

Setelah anda berhasil membuat adonan, maka selanjutnya anda bisa menambahkan es batu ke dalam adonan bersamaan dengan penambahan bumbu. Tahukah anda bahwa ternyata penambahan es batu ini memiliki tujuan agar tekstur bakso menjadi lebih bagus dan kenyal. Namun, ada satu hal yang harus anda perhatikan dimana sebaiknya es batu yang digunakan adalah es yang sudah diserut halus. Apabila anda kesulitan mencarinya, anda bisa menggantinya dengan penggunaan air es.

 

3. Menggunakan Bahan Pengenyal yang Aman

Bagi pemula, bahan pengenyal ini cukup penting perannya karena terkadang bakso jumbo masih saja lembek meskipun anda menggunakan perbandingan bahan yang tepat. Di pasaran sendiri ada beberapa bahan yang dikenal berfungsi sebagai pengenyal untuk bakso dan bahan ini tentu aman untuk digunakan. misalnya saja seperti baking powder atau baking soda, STP atau pengenyal khusus makanan dan putih telur. Apabila anda suka segala sesuatu yang alami, anda bisa menggunakan bahan pengenyal dari rumput laut dimana bahan ini biasanya disebut dengan nama Karagenan. Karena memiliki kualitas tinggi, karagenan memiliki harga yang mahal. Namun, anda bisa mengganti bahan ini dengan menggunakan agar agar bubuk tanpa rasa.

 

4. Merendam Bakso Jumbo ke Dalam Air Hangat

Setelah tips dan trik mengolah daging sapi untuk bakso diatas, maka selanjutnya anda harus memasukkan bakso ke dalam air hangat dengan suhu sekitar 70 derajat celcius terlebih dahulu setelah dicetak. Banyak orang yang seringkali langsung merebus bakso setelah selesai dicetak. Nyatanya, hal ini justru bisa membuat tekstur bakso menjadi lembek. Untuk merendam bakso dalam air hangat, anda bisa menyiapkan panci dengan air yang sudah panas, kemudian masukkan bakso dan masak dengan air kecil dengan waktu sekitar 5 menit atau sampai bakso mengapung.

 

5. Mencelupkan Bakso Jumbo ke Air Es

Tips dan trik mengolah daging sapi untuk bakso yang enak selanjutnya adalah dengan mencelupkan bakso jumbo ke dalam air es setelah bakso matang. Celupkan dengan segera agar proses pemasakan bakso terhentu sehingga bakso buatan anda tak akan menjadi lembek.

Kudis Adalah Jenis Penyakit Menular Pada Sapi, Ini Obatnya!

Pernahkah Anda melihat sapi yang menggosok-gosokkan tubuhnya ke kandang seperti sedang menggaruk-garuk bagian tubuh yang gatal? Atau bahkan menggigiti bagian-bagian tertentu pada tubuhnya? Apabila demikian, kemungkinan besar sapi tersebut sedang terserang kudis (scabies), yaitu jenis penyakit kulit menular yang disebabkan oleh hewan tungau.

Cara Merawat Bayi Sapi (Pedet) Sebelum Dan Sesudah Kelahiran

Peternak harus memiliki kemampuan merawat bayi sapi (pedet) mulai dari kandungan hingga proses kelahiran. Karena, tingkat kematian anak sapi perah (pedet) cukup tinggi, bisa mencapai 10% dari jumlah kelahirannya dalam setahun. Jumlah ini bisa saja meningkat atau menurun. Semuanya tergantung dari kemampuan peternak sapi perah dalam memberikan perlakuan terbaik kepada pedet, mulai dari kandungan hingga kemudan lahir.

Susu Murni Tahan Berapa Hari Di Kulkas?

Pernahkah anda mengalami kejadian susu sapi yang menjadi basi padahal sudah anda simpan ? Jika iya, mungkin ada yang salah dengan teknik dan cara menyimpan anda. Susu merupakan sebuah produk dari sapi yang sangat bergizi namun, susu sapi memang memiliki sifat yang mudah sekali rusak oleh sebab itu harus benar-benar diperlakukan dengan tepat.
  • Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019 Ngopi Bareng Peternak Sapi Indonesia 2019
    Tak terasa kita sudah di penghujung tahun 2019. Bagaimana, masih punya semangat untuk bisnis sapi? Atau sudah mengambil keputusan untuk beralih pada bidang usaha lain? Bagi yang sudah cukup lama menekuni bidang usaha ini, sepertinya sulit untuk meninggalkannya begitu saja. Bisnis sapi sudah seperti "way of life", alias jalan hidup, karena banyak sekali suka dan duka yang dialami yang menjadikan kita seperti sekarang ini.  
    Read more...