Loading...
iden

Rahasia Memasak Rendang Daging Sapi Khas Minang

Apabila tips dan trik mengolah daging sapi sebelumnya banyak membahas beberapa bagian daging sapi dan cara benar mengolahnya, kali ini ada yang berbeda dimana kita akan mengulas bagaimana cara untuk memasak rendang daging sapi yang enak dengan daging empuk khas Minang. Kebanyakan orang mungkin bisa memasak rendang daging sapi, tapi jarang sekali yang dapat membuat rendang istimewa dimana biasanya ini ditandai dengan warna rendang yang gelap atau hitam, berminyak, dan tentunya daging sapi yang super empuk.

Lalu, bagaimana sih cara memasak rendang yang benar? Ini rahasianya.

 

Memilih Bahan Baku Rendang Daging Sapi yang Tepat

Tips dan trik mengolah daging sapi untuk rendang dimulai dari pemilihan daging sapi yang tepat. Rendang dimasak dengan waktu yang sangat lama. Bahkan masakan legendaris ini bisa dimasak hingga 8 jam lamanya agar kuah benar-benar menyusut dan membuatnya berwarna gelap.

Karena itulah, sangat penting untuk memilih daging sapi yang tepat agar teksturnya empuk dan bumbu bisa meresap dengan sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya pilih daging sapi dengan tekstur yang padat seperti paha terutama paha bagian luar.

Di lain sisi, hindari memasak rendang daging sapi menggunakan daging yang empuk seperti tenderloin karena daging sapi bagian ini akan mudah hancur apabila dimasak terlalu lama.

 

 

Menggunakan Bumbu yang Tepat

Rendang daging sapi dimasak dengan banyak bumbu rempah, dan untuk menghasilkan rasa rendang yang nendang sebaiknya anda menggunakan rempah yang segar. Selain itu, ada rahasia lain dimana sebaiknya bumbu rendang dihaluskan dengan cara digiling manual atau diulek, alih-alih dihaluskan dengan menggunakan blender.

Tips dan trik mengolah daging sapi untuk rendang inilah yang seringkali dilupakan oleh orang. Setelah bumbu dihaluskan, maka selanjutnya rebus bumbu halus ini langsung dengan santan. Rebus beberapa saat hingga santan mengental dan mengeluarkan minyak. Barulah saat itu anda bisa memasukkan daging dan masak hingga matang.

  

Menggunakan Santan yang Cukup

Tahukah anda bahwa santan merupakan salah satu bahan yang paling penting dalam membuat rendang daging sapi? Santan lah yang akan memberikan rasa gurih pada bumbu rendang dan karena inilah sebaiknya anda menggunakan jumlah santan yang cukup.

Rahasianya adalah perbandingan daging dan santan yakni 1:3. Ini artinya apabila anda menggunakan 1 kg daging, maka santan yang harus digunakan adalah dari 3 butir kelapa.

Apabila anda ingin membuat daging dengan rasa pedas, maka tiap 1 kilogram daging sapi anda bisa menggunakan cabai sebanyak 250 gram, dan santan kental dari 4 butir kelapa.

 

 

Memasak Rendang Daging Sapi hanya dengan Menggunakan Api Kecil

Tips dan trik mengolah daging sapi untuk rendang selanjutnya adalah hanya dengan menggunakan api kecil untuk proses memasaknya. Apabila anda suka rendang dengan karakteristik kering, maka sebaiknya anda memasak selama 5-6 jam lamanya.

Apabila anda lebih suka rendang daging sapi yang basah, maka masak rendang selama 4 jam saja. Nah, apabila rendang dimasak selama 3 jam an, maka sajian ini bukan lagi bernama rendang melainkan Kalio daging yang basah dimana ini ditandai dengan adanya kuah berupa campuran bumbu dan santan dalam jumlah yang cukup banyak.

 

Aduk Aduk Secukupnya

Ada satu lagi rahasia dalam tips dan trik mengolah rendang daging sapi yakni dengan mengaduk aduknya. Namun, pastikan anda tak terlalu banyak mengaduk agar daging tak menjadi hancur. Hanya aduk sesekali jika perlu untuk memastikan masakan ini tak akan menjadi gosong.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Haji Mat Aji, Pengusaha Sukses Mulai Dari Nol Hingga Menjadi "RAJA SAPI"

Bak roda kendaraan, kehidupan pun demikian, terkadang berada di bawah, terkadang pula berada di atas. Di mana pun posisinya, sebaiknya manusia tetaplah harus berusaha, agar tetap bertahan hidup bahkan menjadi kemajuan dan memperbaiki taraf hidupnya sendiri. Hal ini pula yang telah coba dilakukan oleh Haji Mat Aji, pengusaha sukses mulai dari nol hingga memiliki peternakan sapi skala besar. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.