Rahasia Memasak Rendang Daging Sapi Khas Minang

Apabila tips dan trik mengolah daging sapi sebelumnya banyak membahas beberapa bagian daging sapi dan cara benar mengolahnya, kali ini ada yang berbeda dimana kita akan mengulas bagaimana cara untuk memasak rendang daging sapi yang enak dengan daging empuk khas Minang.

Kebanyakan orang mungkin bisa memasak rendang daging sapi, tapi jarang sekali yang dapat membuat rendang istimewa dimana biasanya ini ditandai dengan warna rendang yang gelap atau hitam, berminyak, dan tentunya daging sapi yang super empuk. Lalu, bagaimana sih cara memasak rendang yang benar? Ini rahasianya.

 

Memilih Bahan Baku Rendang Daging Sapi yang Tepat

Tips dan trik mengolah daging sapi untuk rendang dimulai dari pemilihan daging sapi yang tepat. Rendang dimasak dengan waktu yang sangat lama. Bahkan masakan legendaris ini bisa dimasak hingga 8 jam lamanya agar kuah benar-benar menyusut dan membuatnya berwarna gelap.

Karena itulah, sangat penting untuk memilih daging sapi yang tepat agar teksturnya empuk dan bumbu bisa meresap dengan sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya pilih daging sapi dengan tekstur yang padat seperti paha terutama paha bagian luar.

Di lain sisi, hindari memasak rendang daging sapi menggunakan daging yang empuk seperti tenderloin karena daging sapi bagian ini akan mudah hancur apabila dimasak terlalu lama.

 

 

Menggunakan Bumbu yang Tepat

Rendang daging sapi dimasak dengan banyak bumbu rempah, dan untuk menghasilkan rasa rendang yang nendang sebaiknya anda menggunakan rempah yang segar. Selain itu, ada rahasia lain dimana sebaiknya bumbu rendang dihaluskan dengan cara digiling manual atau diulek, alih-alih dihaluskan dengan menggunakan blender.

Tips dan trik mengolah daging sapi untuk rendang inilah yang seringkali dilupakan oleh orang. Setelah bumbu dihaluskan, maka selanjutnya rebus bumbu halus ini langsung dengan santan. Rebus beberapa saat hingga santan mengental dan mengeluarkan minyak. Barulah saat itu anda bisa memasukkan daging dan masak hingga matang.

 

 

Menggunakan Santan yang Cukup

Tahukah anda bahwa santan merupakan salah satu bahan yang paling penting dalam membuat rendang daging sapi? Santan lah yang akan memberikan rasa gurih pada bumbu rendang dan karena inilah sebaiknya anda menggunakan jumlah santan yang cukup.

Rahasianya adalah perbandingan daging dan santan yakni 1:3. Ini artinya apabila anda menggunakan 1 kg daging, maka santan yang harus digunakan adalah dari 3 butir kelapa.

Apabila anda ingin membuat daging dengan rasa pedas, maka tiap 1 kilogram daging sapi anda bisa menggunakan cabai sebanyak 250 gram, dan santan kental dari 4 butir kelapa.

 

 

Memasak Rendang Daging Sapi hanya dengan Menggunakan Api Kecil

Tips dan trik mengolah daging sapi untuk rendang selanjutnya adalah hanya dengan menggunakan api kecil untuk proses memasaknya. Apabila anda suka rendang dengan karakteristik kering, maka sebaiknya anda memasak selama 5-6 jam lamanya.

Apabila anda lebih suka rendang daging sapi yang basah, maka masak rendang selama 4 jam saja. Nah, apabila rendang dimasak selama 3 jam an, maka sajian ini bukan lagi bernama rendang melainkan Kalio daging yang basah dimana ini ditandai dengan adanya kuah berupa campuran bumbu dan santan dalam jumlah yang cukup banyak.

 

 

Aduk Aduk Secukupnya

Ada satu lagi rahasia dalam tips dan trik mengolah rendang daging sapi yakni dengan mengaduk aduknya. Namun, pastikan anda tak terlalu banyak mengaduk agar daging tak menjadi hancur. Hanya aduk sesekali jika perlu untuk memastikan masakan ini tak akan menjadi gosong.

Di tag dibawah

Kumpulan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Peternak Sapi

  • Desain Kandang Sapi Perah Untuk Mempercepat Proses Perkawinan Desain Kandang Sapi Perah Untuk Mempercepat Proses Perkawinan
    Kandang merupakan rumah bagi hewan ternak termasuk sapi, oleh karena itu kandang sapi harus dibuat senyaman mungkin untuk mendukung pertumbuhannya. Kandang yang baik juga harus mempermudah peternak dalam memelihara hewan ternaknya. Dengan membuat kandang sapi, diharapkan binatang ternak Anda tidak berkeliaran ke mana-mana dan kotorannya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.
    Read more...
  • Mengapa Sapi Madura Menjadi Primadona Jual Beli Sapi di Indonesia? Mengapa Sapi Madura Menjadi Primadona Jual Beli Sapi di Indonesia?
    Sapi Madura termasuk komoditas yang sexy untuk mencari untung dari transaksi jual beli sapi. Merupakan salah satu jenis sapi lokal yang multifungsi, sapi jenis ini sangat cocok untuk diternakkan baik sebagai sapi pedaging maupun sapi pekerja yang handal. Sapi Madura merupakan hasil persilangan antara jenis sapi Bali (Bos Sundaicus) dengan jenis sapi Zebu (Bos Indicus), sehingga ciri-ciri dari kedua jenis sapi tersebut masih dapat ditemukan pada ternak sapi Madura ini.
    Read more...

Produk

Culture

marosok

"Marosok" Sumatera Barat: A Unique Transaction System in West Sumatra, Indonesia

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling.

The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction. It is believed that they inherit the ability of their ancestors from the Melayu kingdoms where the people liked to trade. One of unique tradition is marosok Sumatera Barat, a technique of trading used in trading especially for the livestock such as cows or bulls.


Read More...

Tokoh