TRANSLATE

Mana Resep Kuah Bakso Sapi Yang Lebih Spesial, Yang Pakai Kaldu Tulang Atau Daging?

Mie bakso dapat dikatakan sebagai  sebuah hidangan sejenis sup. Mie bakso Indonesia terdiri dari bakso yang disajikan dengan mi kuning dan bihun. Mie bakso nyaris identik dengan soto mie, hanya saja hidangan tersebut memakai bakso. Mie bakso dapat ditemukan di seluruh Indonesia dari gerai jalanan sampai tempat makan kelas tinggi. Bersama dengan soto, sate dan siomay, mie bakso adalah salah satu makanan jalanan paling populer di Indonesia. Apakah anda setuju, bakso sapi yag nikmat itu selain ditentukan oleh tekstur baksonya, kuahnya juga turut berperan? Ada yang menyebut jika kuah bakso bisa nikmat karena ada bahan tambahan lain dalam mangkuk bakso.

Rahasianya ternyata  terletak pada jenis kaldu yang digunakan. Ada dua jenis kaldu untuk membuat kuah bakso, yaitu kaldu daging dan kaldu tulang, yang masing-masing memiliki karakteristik sendiri, yaitu: 

 

1. Kaldu Tulang

Sesuai dengan namanya, kaldu tulang terbuat dari tulang-tulang sapi. Bagian tulang sapi yang baik digunakan untuk membuat kuah bakso adalah bagian tulang punggung. Tulang kaki pun bisa digunakan, tetapi hasilnya lemak dalam kuah akan lebih banyak, karena didalam tulang kaki ada terdapat sumsum tulang yang akan keluar saat direbus.

Kelebihan dari kaldu yang dibuat dari tulang sapi adalah citar asa enak, gurih, dan segar

 

2. Kaldu Daging

Jika menggunakan daging, maka kuah bakso yang dihasilkan akan lebih ringan dan bening.. Kaldu daging sangat cocok untuk mereka yang tidak suka kuah kental. Anda bisa menggunakan daging dari bagian apa saja, tidak seperti memiih  tulang untuk kaldu..

Mana yang lebih enak? Jawabannya tentu sesuai dengan selera .....