TRANSLATE

Sempat Dilarang Dikonsumsi, Begini Sejarah Daging Wagyu di Jepang

Daging wagyu bagi orang Jepang sama berharganya seperti champagne bagi orang Prancis. Namun, tidak seperti minuman sejenis wine yang berusia lebih dari 15 abad itu, sejarah daging wagyu di Jepang baru dimulai sekitar 150 tahun lalu. Pecinta kuliner Jepang barangkali tidak menyangka jika wagyu sempat dilarang dikonsumsi di negeri asalnya.

 

 

Bahan Hidangan Jamuan Istana

Sejarah daging wagyu di Jepang dapat ditelusuri jejaknya sejak ribuan tahun silam. Wagyu yang secara harfiah berarti Sapi Jepang pertama kali dibawa oleh para musafir China sekitar tahun 200 masehi. Selama lebih dari 1600 tahun, sapi hanya digunakan sebagai hewan pekerja karena terdapat larangan mengkonsumsi daging sapi dan binatang berkaki empat lainnya.

Kondisi tersebut tiba-tiba berubah menyambut kedatangan para diplomat asing abad 19. Jenis masakan barat yang biasanya menggunakan olahan daging sapi mulai membaur dalam kuliner Jepang. Perubahan ini sempat ditentang oleh para pengikut ajaran Buddha yang umumnya tidak makan daging.

Meski mendapat penolakan, tren jenis masakan daging baru keburu menyebar ke penjuru negeri. Kuliner Jepang seperti sashimi, yakiniku, shabu shabu, atau sukiyaki mulai menambahkan pilihan daging wagyu sebagai bahan bahan makanan premium. Tidak butuh waktu lama sampai wagyu asli Jepang bertransformasi menjadi hidangan jamuan Istana Kekaisaran yang mulai terbuka pada kebudayaan barat.

 

 

Bukan Daging Sapi Biasa

Wagyu asli Jepang mengacu pada empat jenis ras sapi murni yang diawasi kualitas dan garis keturunan genetiknya oleh pemerintah. Pekerjaan ini menjadi tugas Asosiasi Penilai Daging Jepang yang dibentuk pada 1968. Semua sapi Jepang yang termasuk dalam keturunan Japanese Black, Japanese Brown, Japanese Polled, dan Japanese Short secara kolektif diberi nama “Wagyu.”

Asosiasi Penilai Daging Jepang menaungi seluruh rantai produksi, distribusi, hingga peternakan. Hanya anggota asosiasi yang berhak menggunakan logo dan merek resmi Wagyu. Kobe Beef merupakan satu dari lebih dari 320 merek wagyu asli Jepang yang telah diakui kualitasnya sejak abad 19.

Sejarah daging wagyu di Jepang tiba di titik puncak ketika pemerintah Jepang menetapkan bahan makanan premium ini sebagai harta nasional pada 1997. Sapi Jepang tidak bisa lagi diekspor sembarangan demi menjaga nilai eksklusif dan kualitas daging wagyu.

  • 234

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Tumis Adalah Cara Mudah Untuk Masak Kornet Daging Sapi

Corned beef atau yang biasa dikenal dengan sebutan kornet daging sapi adalah salah satu produk olahan dari daging sapi. Pembuatan kornet adalah dengan mengawetkan daging sapi ke dalam brine atau larutan garam jenuh yang dicampur dengan air. Kemudian, daging sapi ini dimasak dengan cara direbus dengan menggunakan api kecil agar tekstur daging sapi ini tidak hancur. Baca selengkapnya...

MANFAAT SUSU SAPI

Susu Murni Tahan Berapa Hari Di Kulkas?

Pernahkah anda mengalami kejadian susu sapi yang menjadi basi padahal sudah anda simpan? Jika iya, mungkin ada yang salah dengan teknik dan cara menyimpan anda. Susu merupakan sebuah produk dari sapi yang sangat bergizi namun memang memiliki sifat yang mudah sekali basi. Oleh sebab itu, harus benar-benar di tangani dengan baik jika ingin deisimpan. Berikut ini adalah beberapa tips menyimpan susu sapi murni yang baik dan benar: Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Easy to Breed is the Superiority of Bali Cattle

Bali cattle are one of the Indonesia’s native cattle species. Despite a declining trend, it has quite large population in Indonesia. Indeed, Bali cattle have some advantages compared to the other species of cattle in Indonesia. Bali cattle are one of the Indonesia’s native cattle species. Despite a declining trend, it has quite large population in Indonesia. Indeed, Bali cattle have some advantages compared to the other species of cattle in Indonesia. Baca selengkapnya...