Loading...
iden

Tips Dan Trik Berikut Resep Semur Daging Sapi Dengan Kelezatan Sempurna

Ingin mendapatkan olahan daging sapi yang lezat? Jangan sembarangan saat memilih dan memasaknya, karena daging sapi memiliki peranan penting dalam sebuah resep masakan. Sebagai contoh adalah resep semur daging sapi. Walaupun hidangan ini sesungguhnya bukanlah masakan asli Indonesia, namun telah menjadi bagian dari kuliner nusantara.

Sekian ratus tahun menjadi koloni Belanda sangat berpengaruh kepada berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, termasuk bidang kuliner. Berdasarkan catatan para ahli kuliner tentang semur daging sapi, resepnya ternyata dipengaruhi oleh gaya memasak di Belanda. Setelah diadaptasi oleh orang Indonesia, citarasanya menjadi lebih bervariasi tergantung di daerah mana hidangan ini dimasak.

Hebatnya, antara satu daerah dengan daerah lain memiliki resep semur daging sapi dengan kombinasi bumbu berbeda antara rempah cengkih, pala, dan kayu manisnya, karena 3 bahan itulah yang menjadi inti dari masakan ini. Dari semua resep tersebut, mana yang paling enak? Ternyata bukan sekedar resep tetapi ada faktor lain yang harus menjadi perhatian.

Pertama adalah cara memilih daging yang akan digunakan, teksturnya harus empuk agar tidak mengalami kesulitan saat dikunyah. Sebenarnya faktor inilah yang membuat banyak orang agak ragu saat memasak daging sapi, karena proses untuk mengempukkan daging sapi memang memakan waktu cukup lama.

Oleh sebab itu diperlukan kemampuan untuk bisa memilih jenis daging sapi sesuai dengan jenis masakan yang akan dibuat. Khusus untuk resep semur daging sapi ada 3 jenis daging sapi yang cocok digunakan yaitu:

 

  • Has Dalam (Tenderloin); Harganya memang lebih mahal jika dibandingkan dengan daging sapi dari bagian lainnya. Dengan lemak yang cenderung sedikit, tak bertulang dan berserat, tenderloin lebih mudah dipotong dan empuk saat dijadikan semur.

  • Rib Eye; Daging jenis ini seringkali dibandingkan dengan iga. Jika pada iga biasanya hanya ada sedikit daging yang menempel pada tulang rusuk, pada rib eye bagian daging jauh lebih banyak. Teksturnya empuk dengan jaringan lemak, membuat rib eye ini terasa lezat untuk dibuat semur dengan citarasa gurih yang kuat.

  • Has Luar (Sirloin); Teksturnya memang  tak seempuk tenderloin, tapi dagingnya cukup tebal dan harga yang lebih murah. Sirloin juga memiliki lemak pada bagian pinggiran yang membuatnya lebih lezat dibandingkan tenderloin. Sayangnya sirloin memiliki lebih banyak serat, jika akan dibuat semur, perlu waktu memasak yang lebih lama agar lebih empuk. 

 

Yang kedua adalah cara mengolahnya, simak tips dan triknya sebagai berikut:

 

1. Cara Merebus

Rasa lezat dari resep semur daging sapi berasal dari karamelisasi, yaitu sebutan bagi proses mencoklatkan suatu bahan makanan yang mengandung gula. Jika gula dipanaskan sampai suhu yang sangat tinggi, akan berubah menjadi cairan bening. Jika dipanaskan terus, lama kelamaan cairan gula tersebut menjadi berwarna kuning, kemudian kecokelatan, hingga dengan cepat berubah warna menjadi benar-benar cokelat. Proses inilah yang dinamai karamelisasi dengan citarasa yang khas.

Jadi, cara yang benar adalah memasukkan daging sapi kedalam tumisan rempah dan ditambahkan kecap manis, gula putih dan gula merah secukupnya. Hal ini akan membuat daging sapi kaya akan aroma karamel. Setelah daging menjadi setengah matang dan harum, baru boleh menambahkan air untuk mematangkan daging sapi dan membuat bumbu meresap ke dalam daging tersebut.

 

2. Manambahkan Bahan Pelengkap

Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah kentang rebus, wortel atau buncis. Untuk bahan yang bertekstur keras seperti wortel, sebaiknya dimasukkan setelah menambahkan air pada semur. Sedangkan yang lebih dan mudah hancur seperti kentang rebus atau buncis, dimasukkan sesaat sesaat sebelum semur daging sapi matang.

 

3. Mengurangi Lemak Daging Sapi

Lemak berfungsi untuk memperkaya rasa resep semur daging sapi. Namun jika tidak menyukainya, ada cara mudah untuk menghilangkannya. Caranya, letakkan semur yang sudah matang dan sudah hilang uap panasnya ke dalam kulkas selama seharian. Lemak daging sapi akan menggumpal adan naik ke permukaan. silahkan diangkat hingga bersih.

 

 

Bila sudah paham dengan beberapa hal yang harus diperhatikan, saatnya untuk langsung ke dapur dan berkreasi dengan resep semur daging sapi dibawah ini:

 

Bahan:

  • 250 g daging sapi, potong-potong
  • 2 buah kentang ukuran sedang, potong dadu agak besar
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 buah cabe merah, buang bijinya
  • ½ buah tomat, potong-potong
  • Jahe, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya
  • Kecap Manis
  • Gula merah jawa
  • Gula pasir
  • Garam

 

Cara Memasak:

  • Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe merah.
  • Siapkan minyak untuk menumis dalam wajan.
  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan daun salam dan jahe. Tumis hingga harum.
  • Masukkan daging, tumis hingga daging berubah warna.
  • Masukkan kentang, tumis kembali hingga bumbu tercampur.
  • Masukkan air hingga merendam daging dan kentang.
  • Tambahkan kecap manis, gula merah, gula pasir, garam, kayu manis bubuk, dan lada secukupnya.
  • Tutup wajan, kecilkan api.
  • Masak hingga air meresap, dan daging matang serta empuk.
  • Hidangkan selagi hangat.

Selamat mencoba...

 

 

iac cow

JADWAL BAKSOS BULAN INI

 

 

 

  • Probiotik HERYAKI, Obat Stres Para Peternak Sapi

    Sedang stres mengurus usaha ternak sapi, domba dan kambing? Anda bukan satu-satunya, ada banyak peternak mengalami hal yang sama. Rata-rata mengeluhkan semakin menipisnya keuntungan yang bisa diperoleh. Saat ini memang terjadi penurunan permintaan akan produk lokal, akibat kebijakan pemerintah yang memperbolehkan produk impor membanjiri pasar.

Apa Penyebab Sapi Mengamuk, Menangis Atau Berpura-pura Mati?

Stres adalah sebuah reaksi baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan untuk menyesuaikan diri. Stres adalah bagian alami dan penting dari kehidupan, tetapi apabila berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan. Selain terjadi pada manusia, stres juga bisa dialami oleh hewan seperti sapi yang membuatnya mengamuk, menangis atau berpura-pura mati. Baca Selengkapnya...

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

Ingin Tahu Tentang Kelinci New Zealand? Mari Bertanya Kepada Ir. Yono Cahyanto Raharjo MSc. Agr.

Ir. Yono Cahyanto Raharjo MSc.Agr., PhD, mendapatkan gelar sarjana pertanian (jurusan Teknologi Pangan) pada tahun 1976 dari Institut Pertanian Bogor. Pendidikan S2 (Jurusan Biochemistry and Nutrition) ditempuh pada University New England, Armidale Australia dan mendapatkan gelar Master of Science Agricultural (M.Sc.Agr) lulus pada tahun 1983. Sedangkan pendidikan doktoral (Ph.D) jurusan Animal Science pada Oregon State University lulus pada tahun 1987. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…

Australia Feels Threatened by The Model of Meat Selling Through Social Media in Indonesia

Nowadays, people can buy anything using social media such as Instagram to fulfill your needs without going to the store directly. You can buy anything including meat. However, this selling model can disturb the trade of Australian cattle traditionally. This worry is delivered right away by the entrepreneur who has the Australian cow trade, Jimmy Halim. Indonesian people prefer chicken which is freshly cut from the traditional market right away.