idarzh-CNenhi

Tips dan Trik Jitu Memasak Lidah Sapi agar Empuk dan Tak Berbau Amis

Bagian sapi yang satu ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau mungkin di supermarket karena banyak orang yang menggemarinya. Namun, tak banyak yang bisa mengolahnya.  Apabila tak dimasak dengan benar,  olahan lidah sapi cenderung alot (liat) dan keras. Tak hanya itu, terkadang juga timbul bau amis yang kuat.

Apakah anda berniat untuk memasak lidah sapi hari ini? di bawah ini adalah tips dan trik yang bisa anda lakukan untuk mengolahnya.

 

1. Memilih Lidah Sapi yang Segar

Langkah pertama tentu saja adalah dengan memilih lidah sapi yang masih segar. Ada beberapa ciri khas yang menandakan bahwa lidah sapi yang anda pilih masih segar yaitu: terasa kenyal ketika ditekan, tidak berlendir, dan juga tidak lembek.

 

2. Mencuci Bersih Lidah Sapi Sebelum Diolah

Berikutnya adalah cara mencuci lidah sapi. Gunakan air yang mengalir ketika mencucinya, apabila belum yakin bersih,  tak ada salahnya menambahkan air perasan jeruk nipis untuk memastikan bahwa lidah sapi anda sudah tak amis lagi.

 

3. Rebus Lidah Sapi sebelum dimasak

Lidah sapi memiliki tekstur yang kenyal, karena itulah sangat baik apabila kita merebusnya dahulu sebelum siap untuk dimasak dengan berbagai bumbu. Anda bisa menggunakan panci biasa dalam merebusnya atau jika punya bisa menggunakan panci presto. Tambahkan daun salam, pekak, daun jeruk, serai, jahe, serta lengkuas untuk mengurangi bau amis.  Rebus lidah sapi ini selama sekitar 20 menit lamanya.

 

4. Menguliti atau mengupas bagian luar lidah sapi

Jika setelah direbus, ternyata bagian luar lidah sapi masih terasa keras. Coba menguliti atau mengupas bagian terluar lidah sapi tersebut. Pastikan anda menggunakan pisau yang tajam untuk memudahkannya. Kupas tipis tipis saja bagian terluarnya, sebelum dipotong-potong bagian dalam lidah sapi dengan ukuran yang anda inginkan.

 

 

Mudah bukan? Mengolah lidah sapi memang tak sesulit perkiraan anda.

Semua Tentang Sapi