Loading...
iden

Tips dan Trik Jitu Memasak Lidah Sapi agar Empuk dan Tak Berbau Amis

Bagian sapi yang satu ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau mungkin di supermarket karena banyak orang yang menggemarinya. Namun, tak banyak yang bisa mengolahnya.  Apabila tak dimasak dengan benar,  olahan lidah sapi cenderung alot (liat) dan keras. Tak hanya itu, terkadang juga timbul bau amis yang kuat.

Apakah anda berniat untuk memasak lidah sapi hari ini? di bawah ini adalah tips dan trik yang bisa anda lakukan untuk mengolahnya.

 

1. Memilih Lidah Sapi yang Segar

Langkah pertama tentu saja adalah dengan memilih lidah sapi yang masih segar. Ada beberapa ciri khas yang menandakan bahwa lidah sapi yang anda pilih masih segar yaitu: terasa kenyal ketika ditekan, tidak berlendir, dan juga tidak lembek.

 

2. Mencuci Bersih Lidah Sapi Sebelum Diolah

Berikutnya adalah cara mencuci lidah sapi. Gunakan air yang mengalir ketika mencucinya, apabila belum yakin bersih,  tak ada salahnya menambahkan air perasan jeruk nipis untuk memastikan bahwa lidah sapi anda sudah tak amis lagi.

 

3. Rebus Lidah Sapi sebelum dimasak

Lidah sapi memiliki tekstur yang kenyal, karena itulah sangat baik apabila kita merebusnya dahulu sebelum siap untuk dimasak dengan berbagai bumbu. Anda bisa menggunakan panci biasa dalam merebusnya atau jika punya bisa menggunakan panci presto. Tambahkan daun salam, pekak, daun jeruk, serai, jahe, serta lengkuas untuk mengurangi bau amis.  Rebus lidah sapi ini selama sekitar 20 menit lamanya.

 

4. Menguliti atau mengupas bagian luar lidah sapi

Jika setelah direbus, ternyata bagian luar lidah sapi masih terasa keras. Coba menguliti atau mengupas bagian terluar lidah sapi tersebut. Pastikan anda menggunakan pisau yang tajam untuk memudahkannya. Kupas tipis tipis saja bagian terluarnya, sebelum dipotong-potong bagian dalam lidah sapi dengan ukuran yang anda inginkan.

 

 

Mudah bukan? Mengolah lidah sapi memang tak sesulit perkiraan anda.

Jangan Sampai Penyakit "ANTHRAX" Menjadi Penghalang Anda Menjadi Pengusaha Sukses di Bidang Ternak Sapi

Para pengusaha sukses di peternakan sapi, baik sapi potong maupun sapi perah, akan selalu menjaga ternak sapi mereka agar berkembang biak dengan baik dan sehat. Akan tetapi, tidak jarang keberadaan penyakit tertentu membuat harapan itu sirna. Bukannya berkembang menjadi lebih gemuk dan sehat, satu per satu sapi-sapi itu malah mati mendadak.

Tentang BALITNAK, Lembaga Riset Bidang Peternakan di Indonesia

Balai Penelitian Peternakan atau biasa disingkat sebagai Balitnak, adalah sebuah lembaga riset yang bertugas untuk mencari dan meningkatkan manfaat dari sumberdaya peternakan, menghasilkan dan mendiseminasi inovasi teknologi, membangun jaringan kerjasama dan pertukaran informasi teknologi, serta meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, sarana dan prasarana penunjang kegiatan penelitian peternakan.

Apparently, Sausages in Indonesia Are Not From Beef

Sausage is certainly one of favorite foods in the world. It is produced in different countries under different names. As a result, people know different types of sausage, depending upon the ingredients, production process, taste, and casing. For instance, Italian people have Bologna sausage, French people have Lyon Sausage, and people of England know Berkshire, Lincolnshire, or Wiltshire sausage. The sausage is mostly named after the city or area, where it is made.