Tips dan Trik Jitu Memasak Lidah Sapi agar Empuk dan Tak Berbau

Banyak sekali orang Indonesia yang mencari Tips dan trik mengolah daging sapi khususnya untuk bagian lidah sapi. Bagian sapi yang satu ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau mungkin di supermarket karena banyak orang yang menggemarinya

Namun, tak jarang banyak dari kita cenderung malas mengolahnya karena memang apabila tak dimasak dengan benar tekstur lidah sapi bisa menjadi alot dan keras. Selain itu, lidah sapi pun cenderung memiliki bau amis yang kuat.

Namun tak perlu takut, apabila kita bisa mengolahnya dengan tepat, lidah sapi ini akan empuk dan enak untuk dimakan. Selain itu, bau amis pun bisa hilang dan dijamin ini akan menjadi hidangan yang disukai. Apakah anda berniat untuk memasak lidah sapi hari ini? di bawah ini adalah tips dan trik mengolah daging sapi untuk bagian lidah sapi.

 

1. Memilih Lidah Sapi yang Segar

Langkah pertama tentu saja adalah dengan memilih lidah sapi yang masih segar atau tidak berbau amis. Ada beberapa ciri ciri yang bisa anda perhatikan tentang lidah yang masih segar ini seperti terasa kenyal ketika ditekan, tidak berlendir, dan juga tidak lembek. Apabila anda menemukan lidah sapi seperti itu, maka sebaiknya anda tak membelinya karena dijamin sudah tidak segar dan rasanya pun tidak enak.

 

2. Mencuci Bersih Lidah Sapi Sebelum Diolah

Setelah memastikan bahwa lidah sapi yang anda beli benar benar segar, maka ini bukan berarti lidah sapi bebas dari bau amis yang khas. Karena itulah, tips dan trik mengolah daging sapi bagian lidah berikutnya adalah dengan mencucinya dengan bersih. Anda bisa menggunakan air yang mengalir ketika mencucinya dan apabila diperlukan tak ada salahnya pula untuk menambahkan air perasan jeruk nipis untuk memastikan bahwa lidah sapi anda sudah tak amis lagi.

 

3. Rebus Lidah Sapi sebelum dimasak

Lidah sapi memiliki tekstur yang kenyal, karena itulah sangat baik apabila kita merebusnya dahulu sebelum siap untuk dimasak dengan berbagai bumbu. Anda bisa menggunakan panci biasa dalam merebusnya atau jika anda punya anda bisa juga menggunakan panci presto. Agar rasa dan bau amisnya hilang, anda bisa merebus daging sapi ini dengan menggunakan daun salam, pekak, daun jeruk, serai, jahe, serta lengkuas. Rebus lidah sapi ini selama sekitar 20 menit lamanya.

 

4. Menguliti atau mengupas bagian luar lidah sapi

Setela direbus, bagian luar daging sapi masih terasa keras. Untuk itu, langkah selanjutnya anda harus menguliti atau mengupas bagian terluar lidah sapi tersebut. Pastikan anda menggunakan pisau yang tajam untuk memudahkannya. Kupas tipis tipis saja bagian terluarnya kemudian potong potong bagian dalam lidah sapi yang empuk dengan ukuran yang anda inginkan.

 

5. Waktunya Memasak!

Setelah melakukan tips dan trik mengolah daging sapi bagian lidah diatas, maka kini tiba waktunya untuk memasak. Setelah lidah sapi siap untuk dimasak, anda harus menyiapkan bahan bahan lain sesuai dengan menu. Nah, agar bau amis dari lidah sapi bisa tersamarkan, anda bisa memasak dengan menggunakan rempah rempah. Gunakan rempah rempah yang sesuai dengan menu masakan yang ingin anda buat.

 

Mudah bukan? Mengolah lidah sapi memang tak sesulit kelihatannya dan semoga tips dan trik mengolah daging sapi diatas, khususnya untuk bagian lidah bisa membantu.

Di tag dibawah

Artikel terkait

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...