Bumbu Marinasi Daging Sapi untuk Steak Yang Empuk Dan Lezat

Tips dan Trik mengolah daging sapi untuk steak mungkin salah satu informasi yang banyak dicari oleh orang. Sajian steak ini memang sangat enak dan cenderung mudah untuk dibuat. Meski demikian, ada saja langkah yang cenderung butuh perhatian agar steak memiliki citarasa dan tekstur yang memanjakan lidah.

Salah satunya adalah memberi bumbu marinasi daging. Berikut ini adalah informasi dan tips mengenai cara untuk mengempukkan dan marinasi daging sapi yang akan dimasak menjadi steak.

 

1. Trik Mengempukkan Daging untuk Steak

Kita akan mulai tips dan trik mengolah daging sapi untuk steak ini dengan langkah untuk mengempukkan daging. Ternyata, tak semua daging sapi melewati proses ini karena ini tergantung dengan jenis daging sapi yang anda pilih.

Misalnya saja daging dari sapi yang berasal dari Selandia Baru dan USA biasanya memang sudah empuk sehingga dapat langsung diberi bumbu marinasi daging dan dimasak tanpa harus diempukkan terlebih dahulu. Apabila anda memilih daging sapi lokal, maka mungkin anda harus melalui proses pengempukkan terlebih dahulu.

Salah satu cara yang legendaris dan merupakan tips dan trik mengolah daging sapi agar empuk yang paling populer adalah dengan menggunakan nanas. Cara ini juga termasuk sederhana sehingga wajib untuk anda coba.

Caranya adalah dengan menghaluskan buah nanas yang sudah dikupas. Anda bisa menghaluskan secara manual atau menggunakan blender. Kemudian, rendam daging sapi yang akan dibuat setak dengan nanas halus ini selama sekitar 30 menit lamanya.

Tak berhenti disini. Bungkus wadah rendaman ini sehingga akan menjadi kedap udara dan selanjutnya masukkan ke dalam lemari es. Setelah sekitar 30 menit, keluarkan dari lemari es dan cuci daging hingga bersih. Setelah ini barulah daging sapi siap untuk menerima proses selanjutnya yaitu diberi bumbu marinasi daging.

 

 

2. Cara Memberi Bumbu Marinasi Daging Sapi

Dalam tips dan trik mengolah daging sapi untuk steak, termasuk di dalamnya langkah untuk memberi bumbu marinasi daging. Namun banyak juga yang beranggapan bahwa steak tak butuh bumbu marinasi daging ini itu yang terlalu banyak atau hanya dibutuhkan bumbu bumbu sederhana saja.

Mengapa? Hal ini dengan tujuan agar rasa asli dari daging sapi, terutama apabila anda memilih menggunakan daging sapi impor. Itu sebabnya, steak ala eropa atau amerika hanya diberi merica, garam, dan olive oil atau minyak zaitun.

Beda dengan steak selera orang Indonesia, karena terbiasa mengkonsumsi masakan dengan rasa yang kuat dan bumbu yang kaya. Bumbu marinasi daging ala Indonesia, terdiri dari campuran lada, garam, kecap, dan bawang putih yang dihaluskan.

Setelah selesai menambahkan bumbu marinasi daging, jangan lupa tusuk-tusuk daging dengan menggunakan garpu di beberapa sisinya agar bumbu dapat meresap. Kemudian simpan dulu dalam kulkas minimal  30 menit atau semalaman agar meresap sempurna.

Di tag dibawah

Kumpulan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Peternak Sapi

Produk

  • Tips Menjaga Produk Susu agar Senantiasa Segar Tips Menjaga Produk Susu agar Senantiasa Segar
    Banyak dari anda yang mungkin suka dengan susu sapi. Produk peternakan tersebut memang kaya gizi dan menyehatkan. Citasanya pun sangat enak, apalagi di jaman sekarang ini mulai banyak sekali varian rasa yang bisa ditambahkan sehingga rasanya lebih segar. Namun demikian, susu sapi terbaik untuk dikonsumsi tetap susu sapi yang segar.
    Read more...
  • Tips dan Trik Jitu Memasak Lidah Sapi agar Empuk dan Tak Berbau Amis Tips dan Trik Jitu Memasak Lidah Sapi agar Empuk dan Tak Berbau Amis
    Bagian sapi yang satu ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau mungkin di supermarket karena banyak orang yang menggemarinya. Namun, tak banyak yang bisa mengolahnya.  Apabila tak dimasak dengan benar,  olahan lidah sapi cenderung alot (liat) dan keras. Tak hanya itu, terkadang juga timbul bau amis yang kuat.
    Read more...

Culture

marosok

"Marosok" Sumatera Barat: A Unique Transaction System in West Sumatra, Indonesia

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling.

The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction. It is believed that they inherit the ability of their ancestors from the Melayu kingdoms where the people liked to trade. One of unique tradition is marosok Sumatera Barat, a technique of trading used in trading especially for the livestock such as cows or bulls.


Read More...

Tokoh