Tips dan Trik Mengempukkan dan Marinasi Daging Sapi untuk Steak

Tips dan Trik mengolah daging sapi untuk steak mungkin salah satu informasi yang banyak dicari oleh orang. Sajian steak ini memang sangat enak dan cenderung mudah untuk dibuat. Meski demikian, ada saja langkah yang cenderung butuh perhatian agar steak memiliki citarasa dan tekstur yang memanjakan lidah.

Salah satunya tentu proses untuk membuat daging steak empuk dan rahasia marinasi daging steak sehingga nantinya daging tak memiliki rasa yang hambar. Berikut ini adalah informasi dan tips mengenai cara untuk mengempukkan dan marinasi daging sapi yang akan dimasak menjadi steak.

 

Trik Mengempukkan Daging untuk Steak

Kita akan mulai tips dan trik mengolah daging sapi untuk steak ini dengan langkah untuk mengempukkan daging. Ternyata, tak semua daging sapi melewati proses ini karena ini tergantung dengan jenis daging sapi yang anda pilih.

Misalnya saja daging dari sapi yang berasal dari Selandia Baru dan USA biasanya memang sudah empuk sehingga dapat langsung diberi bumbu dan dimasak tanpa harus diempukkan terlebih dahulu. Apabila anda memilih daging sapi lokal, maka mungkin anda harus melalui proses pengempukkan terlebih dahulu.

Salah satu cara yang legendaris dan merupakan tips dan trik mengolah daging sapi agar empuk yang paling populer adalah dengan menggunakan nanas. Cara ini juga termasuk sederhana sehingga wajib untuk anda coba.

Caranya adalah dengan menghaluskan buah nanas yang sudah dikupas. Anda bisa menghaluskan secara manual atau menggunakan blender. Kemudian, rendam daging sapi yang akan dibuat setak dengan nanas halus ini selama sekitar 30 menit lamanya.

Tak berhenti disini. Bungkus wadah rendaman ini sehingga akan menjadi kedap udara dan selanjutnya masukkan ke dalam lemari es. Setelah sekitar 30 menit, keluarkan dari lemari es dan cuci daging hingga bersih. Setelah ini barulah daging sapi siap untuk menerima proses selanjutnya dalam pemasakan steak.

 

Langkah yang Benar dalam Marinasi Daging Sapi

Dalam tips dan trik mengolah daging sapi untuk steak, termasuk di dalamnya langkah untuk marinasi atau membumbui daging. Konon, daging sapi untuk steak tak butuh bumbu marinasi ini itu yang terlalu banyak atau hanya dibutuhkan bumbu bumbu sederhana saja.

Mengapa? Hal ini dengan tujuan agar rasa asli dari daging sapi, terutama apabila anda memilih menggunakan daging sapi impor, tak akan hilang karena anda menggunakan terlalu banyak bumbu dalam tahap marinasi.

Karena itulah, tips dan trik mengolah daging sapi dalam tahap marinasi untuk steak yang sering digunakan orang luar negeri adalah membumbuinya hanya dengan merica, garam, dan olive oil atau minyak zaitun.

Namun, ada lagi catatan bahwa ini mungkin masalah selera karena orang Indonesia biasanya menyukai masakan dengan rasa yang kuat dan bumbu yang kaya. Untuk itu, anda bisa melakukan manuver dengan menggunakan bumbu marinasi seperti dari campuran lada, garam, kecap, dan bawang putih yang dihaluskan.

Anda juga bisa menambahkan bumbu lain yang mungkin lebih sesuai dengan selera anda. Setelah selesai dengan marinasi, maka kemudian anda harus menusuk-nusuk daging dengan menggunakan garpu di beberapa sisinya agar bumbu dapat meresap.

Lalu, taburi dengan merica, garam, dann bumbu lain di semua sisi daging. Simpan dulu dalam kulkas karena tips dan trik mengolah daging sapi ini akan membuat bumbu meresap sempurna. Anda bisa menyimpan ini selama sekitar 30 menit minimal dan semalaman maksimal.

Di tag dibawah

Artikel terkait

  • Manfaat Susu Sapi Murni A2 Manfaat Susu Sapi Murni A2
    Sejak kecil, kita sudah mengenal yang namanya susu sapi. Susu sapi ini ialah minuman yang sangat diakui dan dipercayai mempunyai kandungan yang baik bagi kesehatan dan kecantikan.
    Read more...
  • Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang Manfaat Susu Sapi Tak Hanya Menguatkan Tulang
    Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, susu sapi memiliki manfaat dan kandungan lainnya yang tak kalah penting dari kalsium.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...