Loading...
iden

Cara Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan cara mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara mengolah daging sapi yang sering diabaikan orang? Berikut ini informasinya.

 

 

1. Memilih Daging Sapi

Cara mengolah daging sapi, yang pertama adalah dengan memilih daging sapi. Untuk hal ini, pasti anda akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan bukan? Ada beberapa indikator yang bisa anda gunakan untuk memilih daging sapi berkualitas baik.

Misalnya saja dari segi warna, tekstur, dan bau daging sapi itu sendiri. Daging sapi yang baik biasanya memiliki warna merah segar, dengan tekstur yang kenyal (kembali ke bentuk asalnya setelah ditekan), baunya tidak busuk, dan tidak berair.

Setelah anda memilih daging sapi yang berkualitas dan segar, barulah anda beranjak untuk melakukan beragam tips dan trik mengolah daging sapi untuk menciptakan masakan yang enak.

 

2. Membersihkan Daging dengan Baik

Setelah membeli atau memilih daging sapi yang tepat, maka tahapan selanjutnya dari cara mengolah daging sapi adalah membersihkan daging sapi jika akan langsung dimasak.dengan baik. Ini merupakan salah satu tips dan trik mengolah daging sapi yang sangat penting.

Untuk membersihkan daging dengan baik, anda harus mencuci daging di air yang mengalir, tak perlu mencucinya terlalu lama dan tak usah menggunakan sabun apapun karena hal ini justru akan meninggalkan bau pada daging.

Penggunaan air yang mengalir sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh kotorannya sudah larut bersama dengan air dan tak ada lagi yang menempel pada daging sapi.

 

3. Menyimpan Daging dalam Freezer atau Pendingin

Cara mengolah daging sapi bagian inilah yang seringkali diabaikan oleh banyak orang. Apabila anda ingin menyimpan daging di dalam mesin pendingin atau freezer, sebaiknya memang daging jangan dicuci terlebih dahulu karena hal ini akan membuat daging menjadi cepat busuk.

Cuci lah ketika daging akan dimasak. Untuk tahap penyimpanan inipun sebaiknya anda menyimpan daging pada  suhu yang bisa cepat. Setelah sebelumya, daging disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara.

Berapa lama waktu daging sapi bisa bertahan di dalam freezer?

  • Apabila daging disimpan dalam kulkas biasa dengan suhu 3-5 derajat celcius, biasanya daging dapat bertahan hingga 2-3 hari setelah disimpan
  • Apabila daging anda simpan di dalam freezer dengan suhu minus 18 derajat celcius, maka daging sapi dapat bertahan lama bahkan hingga 6-9 bulan

Apabila anda ingin memasak daging yang sudah dibekukan, maka sebaiknya keluarkan daging sehari sebelum akan dimasak.

 

Mudah bukan? Sebenarnya, cara mengolah daging sapi diatas sangatlah mudah dipraktekkan meskipun memang masih ada orang yang kadang mengabaikannya. Nah, apabila sekarang anda sudah tahu, maka anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah ya.

Tips Kecantikan Wajah Putih Alami Dengan Masker Kefir

Masker Kefir, saat ini sedang booming karena konon kabarnya merupakan salah satu tips kecantikan wajah putih alami. Masker kefir dibuat dari endapan fermentasi susu sapi atau susu kambing. Kandungan asam amino dan lactobacillus yang ada didalamnya ditengarai sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Nilgai, Sapi Biru Nan Suci dari India

Jenis sapi apa yang anda kenal? Sapi Limousin, Brahma, Simental, atau Sapi Madura? Nama sapi-sapi tersebut sudah cukup familiar di telingan orang Indonesia, terlebih di kalangan peternak dan petani. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang Sapi Biru dari India? Seperti apa ya kira-kira sapi biru itu? Dikenal dengan nama Nilgai, nama hewan ini diambil dari perpaduan bahasa Urdu dan Hindi. Nil berarti biru dan Gai berarti sapi. Secara harfiah Nilgai pun disebut sebagai Sapi Biru.

Dendeng Batokok, This Food is Made From Beaten Meat

Having multi-cultural society, Indonesia is known for culinary richness. Every region in this country has its specific foods. One of areas in Indonesia that is known rich cuisine is West Sumatera, which is known for so many specific foods. The most popular ones include rendang and sate padang. Besides these two popular foods, there is also dendeng or beef jerky, which is also available in some variants. Dendeng or Indonesian beef jerky is a specific food from West Sumatera.