Cara Mengolah Daging Sapi yang Sering Diabaikan Orang

Daging sapi merupakan salah satu daging yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia selain daging ayam. Sayangnya, banyak orang ternyata mengabaikan cara mengolah daging sapi yang benar, padahal hal ini dapat berpengaruh terhadap citarasa daging ketika dimasak nantinya.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda tahu pasti perlakukan seperti apa yang sebaiknya diberikan pada daging sapi agar memiliki kualitas yang baik. Lalu, apa saja sih cara mengolah daging sapi yang sering diabaikan orang? Berikut ini informasinya.

 

 

1. Memilih Daging Sapi

Cara mengolah daging sapi, yang pertama adalah dengan memilih daging sapi. Untuk hal ini, pasti anda akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan bukan? Ada beberapa indikator yang bisa anda gunakan untuk memilih daging sapi berkualitas baik.

Misalnya saja dari segi warna, tekstur, dan bau daging sapi itu sendiri. Daging sapi yang baik biasanya memiliki warna merah segar, dengan tekstur yang kenyal (kembali ke bentuk asalnya setelah ditekan), baunya tidak busuk, dan tidak berair.

Setelah anda memilih daging sapi yang berkualitas dan segar, barulah anda beranjak untuk melakukan beragam tips dan trik mengolah daging sapi untuk menciptakan masakan yang enak.

 

2. Membersihkan Daging dengan Baik

Setelah membeli atau memilih daging sapi yang tepat, maka tahapan selanjutnya dari cara mengolah daging sapi adalah membersihkan daging sapi jika akan langsung dimasak.dengan baik. Ini merupakan salah satu tips dan trik mengolah daging sapi yang sangat penting.

Untuk membersihkan daging dengan baik, anda harus mencuci daging di air yang mengalir, tak perlu mencucinya terlalu lama dan tak usah menggunakan sabun apapun karena hal ini justru akan meninggalkan bau pada daging.

Penggunaan air yang mengalir sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh kotorannya sudah larut bersama dengan air dan tak ada lagi yang menempel pada daging sapi.

 

3. Menyimpan Daging dalam Freezer atau Pendingin

Cara mengolah daging sapi bagian inilah yang seringkali diabaikan oleh banyak orang. Apabila anda ingin menyimpan daging di dalam mesin pendingin atau freezer, sebaiknya memang daging jangan dicuci terlebih dahulu karena hal ini akan membuat daging menjadi cepat busuk.

Cuci lah ketika daging akan dimasak. Untuk tahap penyimpanan inipun sebaiknya anda menyimpan daging pada  suhu yang bisa cepat. Setelah sebelumya, daging disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara.

Berapa lama waktu daging sapi bisa bertahan di dalam freezer?

  • Apabila daging disimpan dalam kulkas biasa dengan suhu 3-5 derajat celcius, biasanya daging dapat bertahan hingga 2-3 hari setelah disimpan
  • Apabila daging anda simpan di dalam freezer dengan suhu minus 18 derajat celcius, maka daging sapi dapat bertahan lama bahkan hingga 6-9 bulan

Apabila anda ingin memasak daging yang sudah dibekukan, maka sebaiknya keluarkan daging sehari sebelum akan dimasak.

 

Mudah bukan? Sebenarnya, cara mengolah daging sapi diatas sangatlah mudah dipraktekkan meskipun memang masih ada orang yang kadang mengabaikannya. Nah, apabila sekarang anda sudah tahu, maka anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah ya.

Di tag dibawah

Kumpulan Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Peternak Sapi

Produk

  • Tips Menjaga Produk Susu agar Senantiasa Segar Tips Menjaga Produk Susu agar Senantiasa Segar
    Banyak dari anda yang mungkin suka dengan susu sapi. Produk peternakan tersebut memang kaya gizi dan menyehatkan. Citasanya pun sangat enak, apalagi di jaman sekarang ini mulai banyak sekali varian rasa yang bisa ditambahkan sehingga rasanya lebih segar. Namun demikian, susu sapi terbaik untuk dikonsumsi tetap susu sapi yang segar.
    Read more...
  • Tips dan Trik Jitu Memasak Lidah Sapi agar Empuk dan Tak Berbau Amis Tips dan Trik Jitu Memasak Lidah Sapi agar Empuk dan Tak Berbau Amis
    Bagian sapi yang satu ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau mungkin di supermarket karena banyak orang yang menggemarinya. Namun, tak banyak yang bisa mengolahnya.  Apabila tak dimasak dengan benar,  olahan lidah sapi cenderung alot (liat) dan keras. Tak hanya itu, terkadang juga timbul bau amis yang kuat.
    Read more...

Culture

marosok

"Marosok" Sumatera Barat: A Unique Transaction System in West Sumatra, Indonesia

What is Marosok Sumatera Barat? - A Special tradition in doing a transaction called marosok in West Sumatra is a unique way of transaction. The word marosok can be described as an activity of touching, feeling and holding something without seeing it but just trying to feel it using the brain and the feeling.

The tribe of Minangkabau is one of Indonesia’s ethnics which is famous for the ability of doing transaction. It is believed that they inherit the ability of their ancestors from the Melayu kingdoms where the people liked to trade. One of unique tradition is marosok Sumatera Barat, a technique of trading used in trading especially for the livestock such as cows or bulls.


Read More...

Tokoh