TRANSLATE

Memasak Susu Murni Agar Tidak Pecah, Ternyata Ada Triknya

Buah hati kita yang masih bayi seringkali harus diberikan susu untuk mencukupi nutrisinya dan menjaga tumbuh kembangnya. Namun, seringkali memang kita sudah menyediakan susu namun terlambat disajikan untuk si kecil karena berbagai alasan seperti misalnya si kecil yang sudah terlanjur tertidur. Untuk hal ini banyak orang tua yang kemudian memutuskan untuk memanaskan kembali susu murni namun takut apabila susu tersebut menjadi pecah. Belum lagi bayang bayang bahwa susu murni akan rusak apabila dipanaskan.

Memanaskan kembali susu murni ternyata bukan hal yang diharamkan. Anda tetap masih bisa memanaskan susu asalkan tahu cara memasak susu sapi murni yang benar. Di bawah ini adalah beberapa tips memanaskan susu yang benar sehingga susu masih tetap bisa diminum setelah dipanaskan.

 

 

Sering Mengaduk Susu

Untuk memanaskan susu murni, anda bisa menggunakan panci dan memanaskannya di atas kompor seperti ketika anda memasak air. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yakni sebaiknya anda menggunakan api yang kecil. Hal ini akan mencegah susu agar tidak pecah ketika dipanaskan. Selain itu, sebaiknya susu sapi sering diaduk ketika dipanaskan atau arti kata lain jangan sampai anda meninggalkan susu sapi yang sedang dipanaskan diatas kompor.

Sering mengaduk susu sebaiknya dilakukan terutama ketika temperature atau suhu susu mulai naik sampai dengan mendidih. Pengadukan ini dimaksudkan untuk menjaga agar emulsi susu tetap stabil. Apa itu emulsi? Emulsi adalah zat yang terkandung dalam susu. Pemanasan yang dilakukan pada produk susu bisa membuat zat emulsi atau emulsifier susu seperti kasein (salah satu protein pada susu) menjadi pecah atau rusak. Hal inilah yang kemudian menyebabkan tampilan susu menjadi seperti pecah.

 

 

Menaikkan Suhu Api ketika Sedang Memanaskan Susu Murni 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sebaiknya memanaskan susu sapi memang menggunakan api kecil saja. Hal ini akan mencegah susu untuk menjadi hangus dan pecah. Namun, tak semua orang mungkin memiliki waktu yang banyak untuk memanaskan susu sapi dengan menggunakan api kecil.

Tenang, ada solusi cara memasak susu sapi murni yang benar selain cara diatas, yakni dengan menggunakan api kecil ketika mulai memanaskan susu dan menaikkan suhunya bertahap. Setelah itu, saat susu sudah menjadi hangat anda bisa membesarkan api untuk menambah suhunya, tapi ingat agar tak menggunakan api yang terlalu besar.

Cukup menggunakan api sedang saja. Setika api sudah dibesarkan, selalu ingat untuk selalu mengaduk susu sapi hingga susu sapi menjadi mendidih dan siap untuk disajikan.

 

 

Mengolesi Panci dengan Mentega

Cara ini memang unik dan mungkin banyak dari anda yang belum pernah mendengar tips yang satu ini. Ternyata, mengolesi panci dengan mentega sebelum digunakan untuk memanaskan adalah cara memasak susu smurni yang benar, untuk mencegah susu yang dipanaskan tak menjadi hangus.

Olesi bagian dalam panci dengan mentega secara merata. Selain itu, apabila anda mengolesi bagian pinggir panci juga dengan mentega, maka hal ini akan mencegah susu sapi yang mendidih meluap sehingga keluar dari panci.

 

 

Itulah beberapa cara memasak susu sapi murni yang benar. Setelah susu murni mendidih dan siap untuk dihidangkan, anda bisa memindahkannya ke wadah. Namun ingat untuk memperhatikan suhu nya sebelum anda memberikan susu tersebut untuk sang buah hati sehingga buah hati tak akan kepanasan ketika meminum susu tersebut.

  • 155

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Tips Mengolah Rolade Daging Sapi Menggunakan Blender

Rolade adalah makanan yang dibuat dari daging giling yang diadoni bersama telur, tepung dan juga bumbu hingga menjadi adonan yang bisa digulung. Adapun proses pembuatan dan pematangannya rolade dikukus lalu digoreng. Dalam penyajiannya, sering kali rolade dihidangkan bersama saus, sayuran, dan juga kentang goreng. Dalam pembuatannya, rolade sering kali dibuat dengan berbagai bahan dan bermacam-macam rasa, misalnya rolade, tahu, rolade daun singkong, rolade daging hati, rolade daging ayam dan… Baca selengkapnya...
  • 50

    Lagi Cari Daging Segar di Jakarta Timur?

    Pesan di MEATHUNTER aja! Jual Daging Berkualitas, Impor, Lokal, Murah, Segar, Higienis dan Unggul! Ready daging US, AUS, India, Brazil, dll Fresh, Dijamin HALAL READY SETIAP HARI, siap kirim

MANFAAT SUSU SAPI

Wajah Putih Alami Berkat Masker Dari Olahan Susu Sapi

Masker Kefir, saat ini sedang booming karena konon kabarnya merupakan salah satu tips kecantikan wajah putih alami. Masker kefir dibuat dari endapan fermentasi susu sapi atau susu kambing. Kandungan asam amino dan lactobacillus yang ada didalamnya ditengarai sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Jenis Sapi Potong Unggulan yang Banyak di Ternak

Sapi potong – Jenis daging yang sampai saat ini masih dipatok harga cukup tinggi adalah daging sapi. Daging sapi tidak hanya lezat, namun juga penuh gizi. Mengonsumsi daging sapi sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sebab daging sapi sebagai sumber protein dan besi. Baca selengkapnya...