Teknik Memasak Daging Wagyu Jepang Ternyata Tidak Bisa Sembarangan

Daging wagyu jepang merupakan salah satu jenis daging sapi dengan harga yang mahal. Karena itulah, banyak sekali orang yang kemudian mencari tips dan trik mengolah daging sapi wagyu agar tetap bisa menjadi hidangan yang sangat lezat. Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan daging wagyu jepang? Sesuai namanya, daging wagyu adalah daging yang berasal dari sapi ras jepang.

Sapi ini memiliki perlakuan khusus seperti tak terlalu banyak bergerak, memakan pakan alami yang berkualitas, hingga dipijat agar dagingnya lembut. Yang membuat daging wagyu ini terkenal adalah pola marmer pada dagingya dan kualitas daging yang memang enak dan lembut.

Jika berbicara mengenai cara pengolahan, tentu saja ada beragam tips dan trik mengolah daging wagyu jepang yang bisa diterapkan. Namun, anda harus tahu bahwa daging premium ini ternyata tak begitu saja dapat diolah secara sembarangan. Mengapa? Hal ini karena jika anda salah mengolah, maka anda tak akan mendapatkan tekstu dan rasa yang enak, melainkan daging sapi yang justru alot dan berasa seperti daging sapi biasa.

 

 

Bagaimana teknik pengolahan daging wagyu jepang yang disarankan?

Ada salah satu teknik memasak daging wagyu yang banyak direkomendasikan oleh chef atau oleh mereka yang memiliki usaha kuliner di bidang daging sapi yakni dengan menggunakan teknik sous vide. Teknik ini merupakan cara memasak dengan mengutamakan teknik dalam suhu rendah dan presisi dalam waktu yang panjang. Jadi, bahan makanan akan dimasukkan ke dalam kantong kedap udara dan diletakkan di dalam air panas dengan suhus ekitar 60 derajat celcius.

Mengolah daging sapi wagyu dengan metode atau teknik sous vide ini menggunakan sebuah alat yang dapat memasak secara konstan selama sekitar 3 – 4 jam. Cara inilah yang membuat daging wagyu akan matang dengan merata dan daging ini pun akan menjadi empuk. Teknik ini juga akan membuat anda terhindar dari rasa was was bahwa daging tak akan matang atau bahkan hangus karena terlalu lama dimasak.

Namun cara ini mungkin agak sulit diterapkan untuk rumahan karena di Indonesia sendiri masih jarang sekali orang yang memasak daging wagyu jepang dengan teknik sous vide ini. Apabila ada, biasanya hanya restoran terkenal atau hotel mewah lah yang menggunakannya.

 

 

 

Cara Mengolah Daging Sapi Wagyu Jepang dengan Teknik ‘Sous Vide’

Apabila anda tertarik untuk mencoba tips dan trik mengolah daging sapi wagyu dengan menggunakan teknik sous vide, maka ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan. Pertama tama, anda harus terlebih dahulu memotong daging wagyu sesuai dengan ukuran yang anda inginkan. Kemudian, masukkan potongan potongan daging ini ke dalam sebuah kantong plastik khusus yang memiliki seal atau semacam bagian untuk mengunci agar air tak masuk ke dalam di bagian atas plastik.

Setelah itu, anda bisa memasukkan daging wagyu jepang yang ada di dalam kantong plastik kedap udara ini ke dalam sebuah alat sous vide yang sebelumnya sudah anda setel dahulu suhu dan waktu pemasakannya. Jadi, jika peralatan untuk sous vide sudah komplit, tak membutuhkan lagi kompor, grill, dan lain sebagainya. Alat ini mungkin sudah ada atau tersedia di Indonesia, namun hanya ada di beberapa kota besar. Namun, jika anda tak menemukannya anda bisa membelinya atau memesannya dari luar negeri.

Miliki Tubuh bak Binaragawan, Apa Keistimewaan Sapi Belgian Blue?

Asal-muasal serta keistimewaan Sapi Belgian Blue belum banyak terdengar gaungnya di Tanah Air. Usia kedatangan jenis sapi superior asal Belgia ini ke Indonesia, memang baru menginjak delapan tahun. Sehingga, potensinya masih asing bagi kalangan awam. Baca selengkapnya...

Berapa Jumlah Pakan Yang Harus Diberikan Untuk Sapi Dengan Berat 200 Kg?

Seorang peternak sapi wajib mengetahui jenis pakan sapi potong ternak yang paling tepat, tidak hanya dari segi harga, tapi juga bisa menghitung nutrisi dengan mempertimbangkan kebutuhan dari ternak yang dipeliharanya. Empat kunci penting dalam menyusun ransum ternak, yaitu bahan bakunya mudah diperoleh, bahan pakan bervariasi, disukai oleh ternak, dan harganya juga terjangkau. Baca selengkapnya...

Harga Sapi Perah Dan Cerita Tentang Keju Mozarella Khas Malang

Untuk membuka usaha peternakan sapi perah, sebaiknya menggunakan Sapi Friesian Holstein. Sapi asli Belanda ini memang dikenal sebagai ternak sapi yang paling produktif karena mampu menghasilkan susu yang jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan sapi perah jenis lainnya. Itu sebabnya banyak orang mencari informasi mengenai harga sapi perah Friesian Holstein terkini. Baca selengkapnya...

Memilih Model Kandang Sapi Perah Yang Cocok Dengan Cuaca Di Indonesia

Akhir-akhir ini, cuaca di Indonesia semakin gerah. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi tersebut secara meteorologis disebabkan suhu udara yang meningkat disertai dengan kelembapan udara yang tinggi. Berdasarkan pencatatan meteorologis yang dilakukan BMKG, suhu tertinggi terjadi di Sentani, Papua. Baca selengkapnya...