Loading...
iden

Perlakuan Yang Baik dan Benar Dapat Menjaga Kualitas Produk Susu Segar

Banyak dari anda yang mungkin suka dengan susu sapi. Produk peternakan tersebut memang kaya gizi dan menyehatkan. Citasanya pun sangat enak, apalagi di jaman sekarang ini mulai banyak sekali varian rasa yang bisa ditambahkan sehingga rasanya lebih segar. Namun demikian, susu sapi terbaik untuk dikonsumsi tetaplah susu segar.

Sayangnya, susu segar ini ternyata tak bisa disimpan sembarangan. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar produk susu ini senantiasa dalam kondisi terbaik. Berikut ini informasinya.

 

1. Jangan Membiarkan Produk Susu Segar Berada di Udara Terbuka dalam Waktu yang Terlalu Lama

Anda wajib tahu bahwa salah satu sifat susu adalah mudah sekali rusak dan tak tahan lama. Apabila anda membiarkan susu segar dalam beberapa waktu, maka lemak susu biasanya akan naik dan mengumpul di bagian permukaan menjadi krim susu.

Lalu, bakteri perusak susu yang banyak terdapat di udara akan merusak dan mengubah gula susu ini menjadi asam. Inilah yang kemudian membuat susu menjadi rusak dimana kita mengenalnya menjadi susu basi. Oleh karena itu, sebaiknya memang susu segar langsung dihabiskan ketika sudah dibuka kemasannya,

 

2. Segera Rebus Susu Segar yang Tak Dipasteurisasi Hingga Mendidih

Pasti anda sudah pernah mendengar susu yang dipasteurisasi bukan? Nah, susu ini merupakan susu yang aman untuk diminum namun tak berarti susu ini sudah sepenuhnya steril atau bebas dari beragam mikroorganisme. Di lain sisi, susu sapi yang tak dipasteurisasi akan lebih cepat terkontaminasi oleh mikroorganisme yang menyebabkan beberapa penyakit menular seperti tifus, tuberculosis, dll. Karena itu, sebaiknya anda merebus susu yang tak dipasteurisasi hingga mendidih terlebih dahulu.

 

3. Hindari Mencampur Susu yang Sudah Diminum Dengan Susu Segar

Banyak sekali kejadian dimana orang meminum susu namun tak langsung dihabiskan seluruhnya dan meninggalkan sisa. Tak jarang pula kemudian susu tersebut dicampur kembali dengan susu yang masih segar. Ternyata, hal ini tidak direkomendasikan karena dapat menyebabkan susu segar terkontaminasi bakteri. Karena itulah, akan lebih baik apabila anda menyimpan susu yang sudah diminum di tempat yang berbeda.

 

4. Cara Menyimpan Susu Segar yang Baik dan Benar

Tempat yang paling baik untuk menyimpan susu adalah lemari pendingin (kulkas). Namun, sangat disarankan pula untuk menyimpan susu sapi segar di tempat yang gelap atau terhindar dari sinar matahari langsung. Mengapa? Ternyata, sinar matahari dapat merusak vitamin B2 pada susu dan mengubah aroma susu. Wadah untuk menyimpan susu pun sebaiknya tak tembus cahaya. Susu sapi yang disimpan pada freezer dapat tahan selama sekitar 3 bulan di suhu -17.8 derajat celcius.

 

5. Hindari Meminum Susu Segar Langsung dari Botol

Seringkali kita merasa malas menaruh susu di wadah yang benar atau kita lebih senang untuk meminumnya langsung dari botol susu yang ada. Nyatanya, ini merupakan cara yang salah. Susu yang langsung diminum dari botol memiliki resiko lebih banyak untuk terkontaminasi bakteri dan bisa merusak kualitas susu yang ada.

 

 

Itulah tadi beberapa tips mudah yang bisa anda lakukan untuk menangani susu segar dengan tepat. Cara tersebut akan membuat kualitas susu tetap terjaga sehingga susu akan memiliki nutrisi yang lengkap meskipun kita sudah menyimpannya di dalam kulkas atau tak langsung meminumnya.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.
bisnis ternak aziz gagap

Aziz Gagap: Bisnis Ternak Bisa Dijadikan Sumber Rezeki

Muhammad Azis atau dikenal luas dengan nama Azis Gagap, adalah pelawak dan pemeran Indonesia kelahiran lahir di Jakarta, 22 Desember 1973.Azis mengawali karier melawak melalui panggung lenong dari satu kelurahan ke kelurahan lain. Pada tahun 1999 ia mulai bekerja dengan Bagito dalam acara "Paviliun 21" di TVRI. Di acara inilah Azis berkenalan dengan Patrio yang nantinya bersama-sama dengan Sule, Andre Taulany, dan Nunung melawak dalam Opera Van Java pada tahun 2008. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.