DIKLAT PAKAN SAPI ++

Merasa sudah berpengalaman beternak sapi, menguasai teknis budidaya,  mampu memilih bibit unggul, dan telah memberi pakan dengan kualitas terbaik, mengapa hasil  usaha atau keuntungan yang diperoleh tetap kurang memuaskan? Itulah yang keluhan sebagian besar peternak sapi potong dan sapi perah pada saat ini. Mereka hanya bisa pasrah dan menyalahkan keadaan dimana harga bibit,  pakan dan biaya operasional peternakan sapi naik tinggi, namun harga jual tidak bisa mengikuti.

Berdasarkan penelitian para ahli, kegagalan atau keberhasilan usaha peternakan utamanya memang tergantung kepada 3 faktor saling terkait, yang disebut sebagai segitiga peternakan.  Faktor-faktor tersebut terdiri dari : bibit yang porsinya sekitar 15% dari total biaya, budidaya 15% dan pakan 70%. Terlihat jelas, pakan memiliki nilai paling tinggi. Artinya, pakan adalah komponen yang paling berpengaruh pada satu usaha peternakan sapi.

Jika biaya pakan bisa ditekan, pastinya masih ada harapan untuk bisa meningkatkan keuntungan. Namun demikian, tak banyak peternak yang tau bagaimana caranya menghemat biaya pakan, tanpa mengurangi target produksi yang diharapkan.

Kami pengelola duniasapi.com mencoba membantu peternak untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. Salah satunya  melalui kerjasama dengan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Bandung,  membuat Program Pendidikan dan Pelatihan Khusus Pakan Sapi yang terbuka untuk umum.

Duniasapi.com adalah salah satu pionir website peternakan berbadan hukum (PT. Rumpun Sejathi). Situs ini berawal dari blog gratisan yang di-launching pada awal tahun 2005 dengan platform Wordpress. Dalam waktu tidak terlalu lama, website tersebut langsung booming dan menjadi acuan para peternak yang selama ini memang sulit mengakses informasi tentang bidang usaha yang digelutinya.

Hingga suatu saat, fasilitas website tersebut tidak lagi bisa memenuhi keinginan peternak. Akhirnya diputuskan untuk mengoptimalkannya secara profesional. Reborn dan relaunching dilakukan pada event akbar "Indolivestock" tanggal 28 Juli tahun 2007, disaksikan langsung oleh  Menteri Pertanian Republik Indonesia pada saat itu yaitu Bapak Ir. H. Suswono, MMA.

Keberhasilan kami menyebarluaskan pengetahuan peternakan melalui website ternyata berbanding terbalik dengan nasib peternak. Nasib mereka justru semakin terpuruk, bukan saja karena kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada mereka, tetapi juga tidak meningkatnya daya saing produk yang dihasilkan, untuk menghadang serbuan produk-produk peternakan eks impor.

Oleh sebab itu, sejak tahun 2010, kami tidak hanya berbagi ilmu dan ketrampilan via website, tapi juga secara langsung  melalui Program Pendidikan dan Pelatihan Wirausaha Ternak. Jenis komoditasnya pun kami perluas, tidak hanya fokus pada ternak sapi tapi juga untuk komoditas ternak lainnya, melalui kerjasama dengan berbagai pihak yang kompeten dibidangnya.

Salah satunya adalah Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Bandung, yang sejak dahulu sudah terkenal sebagai lembaga pendidikan dengan kepedulian tinggi kepada nasib dan kesejahteraan peternak. Terbukti dari banyaknya insan-insan peternakan yang lahir disini, mulai dari pelaku usaha, pemerhati, tokoh organisasi maupun  para pegambil kebijakan.

Dengan modal sumber daya tersebut serta pengalaman bertahun-tahun mengelola pelatihan bagi peternak, kami telah merancang program khusus pakan sapi berkualitas, dengan materi yang  mudah dicerna, sistematis, logis, benar dan ilmiah.

Menarik, karena kepada para peserta akan diberikan informasi seluas-luasnya mengenai manfaat usaha peternakan selain keuntungan finansial yang umum didapat. Mudah dicerna,  melalui materi yang telah  bahasanya telah disederhanakan.

Sistematis artinya program disusun dalam suatu urutan teratur, sehingga para peserta memahami materi yang diberikan.  Logis dan benar, materi yang diajarkan berlandaskan teori yang kuat, tidak menyimpang dari disiplin ilmu peternakan, serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

 

MATERI

Fokus utama dari pelatihan ini adalah tentang dasar-dasar pengetahuan tentang cara membuat formulasi serta praktek pembuatan pakan sapi potong dan sapi perah. Dilanjutkan dengan penerapan inovasi teknologi pakan, hasil riset para ahli dari Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Bandung sejak tahun 2010.

Inovasinya berupa formula dan teknik pembuatan pakan sapi perah dan sapi potong, yang dapat meningkatkan performa secara maksimal, namun sangat efisien serta ramah lingkungan.

Efisien karena:

  1. Dengan biaya pakan yang tidak jauh berbeda, hasil yang diperoleh lebih maksimal.
  2. Menghemat waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk mempersiapkan pakan.
  3. Bisa mengawetkan pakan hingga berbulan-bulan, sehingga tidak perlu khawatir dengan perubahan harga dan ketersediaan.

Ramah lingkungan, berkat kemampuannya mereduksi bau kotoran yang selama ini sering menjadi masalah lingkungan. Tetangga senang, andapun bisa berusaha dengan tenang 

Itu sebabnya pelatihan ini kami sebut sebagai DIKLAT PAKAN SAPI ++

Materi dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :

  1. Pengetahuan umum tentang fungsi pakan pada sapi potong dan sapi perah.
  2. Pengenalan aneka jenis tanaman yang umum digunakan sebagai pakan hijauan ternak sapi.
  3. Pakan konsentrat dan seluk-beluknya.
  4. Tentang pakan imbuhan.
  5. Complete Feed.
  6. Formulasi Pakan
  7. Pengenalan alat-alat untuk memproduksi pakan.
  8. Belajar menghitung kebutuhan nutrisi untuk sapi perah dan sapi potong, sesuai kebutuhan hidupnya.
  9. Bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tujuan produktif.
  10. Membuat Formulasi konsentrat.
  11. Praktek pengawetan hijauan.
  12. Praktek Pembuatan Konsentrat
  13. Teknik Pemberian pakan.
  14. Teknik budidaya sapi potong dan sapi perah untuk mencapai target yang diharapkan.

 

NARA SUMBER

Narasumber dari pelatihan ini adalah sebuah tim yang beranggotakan para ahli dari Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Bandung, yang dipimpin  Dr. Ir. Rd. Hery Supratman, seorang akademisi sekaligus praktisi dibidang peternakan. Selain sebagai dosen Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran Bandung, pria kelahiran Bandung ini adalah praktisi dan peneliti yang telah menghasilkan aneka sarana produksi peternakan yang sangat dibutuhkan oleh para wirausahawan ternak. Hery Supratman juga memberikan konsultasi langsung pada beberapa usaha ternak, termasuk turut  merancang pabrik pakan UPP KPBS kapasitas 2.000 ton untuk sapi perah.

 

TARGET PESERTA

  1. Peternak sapi potong dan sapi perah yang ingin meningkatkan keuntungan melalui efisensi pakan.
  2. Wirausaha pakan sapi yang ingin mengembangkan produk berdaya saing tinggi.

 

SYARAT DAN KETENTUAN

  1. Peserta wajib membawa laptop.
  2. Peserta sudah terbiasa menggunakan program Excel.

 

JADWAL & LOKASI

Tanggal 21-22 Maret 2018
Hari Rabu - Kamis
Jam 08.00 - 16.00
Lokasi Lantai I, Gedung Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran
Alamat Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363

 

TIKET

Rp2.950.000,-* per orang, dapat dibeli di

  1. TOKOPEDIA (KLIK Disini)
  2. Koperasi Pegawai Balai Penelitian Ternak Bogor, Jalan Veteran 3, Banjar Waru, Banjar Wangi, Ciawi, Bogor.
  3. TRANSFER ke BANK CENTRAL ASIA, 4271403423, P. ABRIANTO W.W.

 

*

Harga tiket sudah termasuk biaya untuk pembuatan sertifikat, diktat, alat praktek, dan konsumsi  (makan siang + coffee break) untuk 2 hari, namun tidak termasuk biaya akomodasi dan transportasi dari atau menuju lokasi Diklat.

Diskon 10%, khusus untuk perwakilan dari Dinas Peternakan dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dengan melampirkan surat keterangan dari instansi terkait.

 

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui telpon/Whatsapp Messenger:

JADWAL DIKLAT

 

22/10/2018
Pelatihan Formulasi Dan Praktek Pembuatan Pakan Untuk Ternak Sapi & Domba

 

 

------------------------------

 

Supaya untung besar, ternak saya diberi makan apa ya?

-------------------------

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui perkiraan laba harian usaha ternak secara mudah dan cepat, hanya dengan meng-input berat sapi, jenis kelamin, lama penggemukan, harga jual sapi, jenis pakan dan komposisinya.

Buktikan sendiri!

 

 Download DISINI

Semua Tentang Sapi

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor

 

KOMUNITAS PETERNAK

pendiri ppski
 
Sekitar tahun 1970-an, peternak sapi perah di Jawa Barat mengalami kesulitan untuk  memasarkan produk susu sapi segarnya melalui koperasi ke Industri Pengolah Susu (IPS). Sebagian besar sapi segar yang tidak diterima oleh IPS, akhirnya harus dibuang. Mencoba untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut, sekelompok peternak terpanggil untuk mengadakan diskusi tentang peternakan sapi di Jawa Barat, yang diselenggarakan di PT. Baru Adjak Lembang, pada tanggal 07 April 1976.