"HERYAKI Powder" - Probiotik Pakan Ternak Beraroma Buah

Sedang stres mengurus usaha ternak sapi, domba dan kambing?

Anda bukan satu-satunya, ada banyak peternak mengalami hal yang sama. Rata-rata  mengeluhkan semakin menipisnya keuntungan yang bisa diperoleh. Kondisi terkini memang terjadi stagnasi, bahkan penurunan pada harga jual pada beberapa produk usaha ternak, karena kebijakan pemerintah yang memperbolehkan produk impor membanjiri pasar.

Dari sisi harga jual, para peternak sapi tradisional jelas tidak mampu bersaing dengan produk impor. Pokok permasalahannya selain semakin sulitnya mendapatkan bibit atau bakalan yang berkualitas, adalah biaya operasional juga terus meningkat, utamanya untuk pakan yang besarannya mencapai 70%-80% dari total biaya.

Dr. Ir. Rd. Hery Supratman, seorang dosen di Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, mencoba mencari solusi atas permasalahan tersebut. Menurutnya, langkah paling tepat adalah dengan meningkatkan efisiensi. Pemikiran pria kelahiran Bandung ini tidak perlu diragukan, mengingat beliau bukanlah orang baru di dunia peternakan.

Banyak sekali kegiatan penelitian yang telah dilakukan, termasuk berbagai prestasi yang telah didapatkan (lihat detailnya DISINI). Beberapa hasil karyanya diakui sangat membantu pelaku usaha ternak, seperti:

  1. LI-TEST; cairan yang digunakan untuk mendeteksi apakah dedak yang digunakan sebagai bahan baku pakan telah dicampuri dengan sekam.
  2. Produk Fermentasi Aspergillus oryzae, hasil kolaborasi dengan Jhondri S.T (Pranata Labortorium); berguna untuk meningkatkan kesehatan pada organ pencernaan ternak sapi.
  3. Vitaral-mix Lagantor; yang diproduksi oleh PT. Kalbe Farma Tbk, sumber vitamin dan mineral. Digunakan untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan ternak ruminansia.

Prinsip utama dari penelitian yang dilakukan adalah selalu berorientasi pada pasar, bukan sekedar kepuasan pribadi. Orientasi pasar yang dimaksud adalah kebutuhan para peternak. Target utamanya adalah produk yang berdaya guna dan mudah diaplikasi, namun dengan harga yang tetap terjangkau untuk para peternak, utamanya adalah peternak tradisional.

Hal itu pula yang menjadi dasar, pada saat mencari solusi untuk  meningkatkan efisiensi pada usaha ternak. Penelitiannya dilakukan sejak tahun 2012,  fokus kepada efisiensi pakan. Langkah pertama adalah dengan melakukan fermentasi (dalam kondisi anaerob) berbagai macam biji-bijian, untuk mendapatkan bakteri Asam Laktat, yaitu kelompok bakteri gram-positif yang tidak membentuk spora.

Hasilnya adalah cairan probiotik yang setelah diteliti di laboratorium, mengandung beberapa bakteri asam laktat yaitu: Lactobacillus subtilis, Lactobacillus casei dan Acetobacter, dengan aroma buah segar.

Cairan tersebut diujicoba di lapangan, untuk mengawetkan pakan di beberapa peternakan  sapi potong dan domba di sekitar wilayah Jatinangor. Hasilnya sesuai dengah harapan yaitu:

  • Terjadinya peningkatan nafsu makan dan pertambahan berat badan yang sangat signifikan. Uji coba pada ternak domba,  dari semula antara 50-80 gram rata-rata per hari, naik mencapai 130 gram rata-rata per hari
  • Peternak tak lagi dipusingkan dengan masalah pakan hijauan sebagai sumber serat. Cukup menyediakan waktu beberapa hari untuk melakukan pemanenan, untuk kemudian diawetkan memakai probiotik tersebut, sehingga mampu bertahan hingga berbulan-bulan.
  • Karena pakan tidak lagi menjadi masalah, peternak dapat menambah populasi ternaknya.
  • Waktu dan tenaga yang diperlukan untuk memberi pakan juga bisa dikurangi. Dengan memberi Pakan Komplit (Complete Feed), pemberikan pakan dilakukan hanya 2 kali sehari (umumnya 4 kali), yaitu pada pagi hari sekitar jam 08.00, dan sore hari pada jam 17.00. Pakan Komplit (Complete Feed), adalah pakan campuran  yang terdiri dari 15% silase dengan 85% konsentrat yang masing-masing diolah dengan Probiotik tersebut.
  • Bau menyengat yang timbul dari faeces dan urine yang selalu ada di kawasan peternakan, tidak lagi bisa tercium dengan jelas, karena berganti dengan aroma seperti buah segar. Efeknya, udara di sekitar lingkungan sekitar kandang juga semakin bersih dan sehat.

 

Untuk mendukung program ketahanan pangan nasional, realisasi dari Tridarma Perguruan Tinggi untuk pengabdian kepada masyarakat serta membuka lapangan kerja bagi lulusan perguruan tinggi, Universitas Padjadjaran Bandung kemudian menyebarluaskan probiotik tersebut agar bisa digunakan oleh para peternak.

Agar mudah diingat, probiotik tersebut kemudian diberi merk yang unik mirip dengan bahasa jepang yaitu "HERYAKI". Nama tersebut sesungguhnya merupakan penggabungan nama asli penemu probiotik ini yaitu yaitu  "Hery", dengan nama panggilan akrab di kampus yaitu "Aki".

Selain dalam bentuk cair, HERYAKI kini telah diproduksi dalam bentuk bubuk (campuran dedak dengan probiotik) yang disebut sebagai "HERIYAKI Powder", untuk kemudahan dalam hal distribusi ke seluruh peternak di wilayah Indonesia.

HERYAKI Powder tersedia dalam 2 kemasan, dengan harga sebagai berikut:

 

10kg : Rp125.000
25kg : Rp275.000

 

Produknya dapat dibeli secara online via TOKOPEDIA (Klik DISINI)

 

--------------------------

 

PROSEDUR PENGGUNAAN HERIYAKI POWDER 

 

I.Untuk Mengawetkan Pakan Hijauan (Silase)

  1. Siapkan wadah (drum) yang bisa ditutup rapat.
  2. Siapkan 100 kilogram hijauan yang telah dicacah/dipotong dengan ukuran panjang 2-5 cm.
  3. Siapkan 500 gram  HERYAKI Powder.
  4. Campurkan secara merata dengan cara diaduk.
  5. Masukkan kedalam wadah, tutup rapat
  6. Simpan ditempat teduh selama 5 hari.
  7. Hari ke-6 sudah siap digunakan.

 

II.Untuk Mengawetkan Konsentrat.

  1. Siapkan wadah yang bisa ditutup rapat.
  2. Siapkan 50 kg konsentrat.
  3. Siapkan 250 gram HERYAKI Powder.
  4. Campurkan secara merata dengan cara diaduk.
  5. Masukkan kedalam wadah, tutup rapat
  6. Simpan ditempat teduh selama 5 hari.
  7. Hari ke-6 sudah dapat digunakan.

 

 

TATA CARA PEMBERIAN PAKAN AWETAN

  1. Keluarkan pakan awetan dari wadahnya.
  2. Angin-anginkan sebentar sebelum diberikan kepada ternak.
  3. Aroma pakan yang diawetkan dengan menggunakan HERYAKI Powder sangat disukai oleh ternak. Namun efek dari proses fermentasi yang terjadi membuat pakan awetan ini cenderung asam (pH sekitar 4,9). Jika diberikan dengan jumlah 100% dari total kebutuhan, dapat membahayakan kesehatan ternak. Oleh karena itu pemberiannya harus diimbangi dengan pakan lain (jerami atau hijauan tua) yang membuat ternak mengunyah dan mengeluarkan air liur untuk menetralkannya.
  4. Cara lain adalah dengan membatasi jumlahnya hanya 30-40% dari total pakan yang diberikan.

 

 

CARA MEMBUAT PAKAN KOMPLIT (Complete Feed)

  1. Siapkan Pakan Hijauan yang telah diawetkan (silase).
  2. Siapkan Konsentrat (14 % Protein dan Total Digestible Nutrient 705 mengandung anti bloat)
  3. Campurkan dengan komposisi 15% silase dan 85% konsentrat.
  4. Pakan Komplit cocok untuk penggemukan

 

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui telpon/Whatsapp Messenger:

 

Untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang pakan ternak, silahkan mengikuti PROGRAM DIKLAT sebagai berikut:

  1. Pakan Sapi ++
  2. Pakan Domba Kambing ++

 

APLIKASI UNTUK MEMBUAT FORMULA KONSENTRAT

FORPATE 10 ribu

Info selengkapnya KLIK DISINI

 

gratis 1

Lapak untuk berjualan ternak sapi, domba dan kambing di "FESTIVAL HEWAN KURBAN - BELLANOVA COUNTRY MALL", Tanggal 08-22 Agustus 2018.

Info lengkap  KLIK DISINI

 

INGIN MEMBUKA USAHA TERNAK?

Silahkan pilih program pendidikan dan pelatihan khusus untuk pemula, yang dibagi berdasarkan komoditas ternaknya yaitu :

  1. Ternak Sapi
  2. Ternak Kambing & Domba
  3. Ternak Ayam
  4. Ternak Itik
  5. Ternak Kelinci

 

 UNTUK PETERNAK YANG SUDAH BERPENGALAMAN

Tersedia beberapa program khusus, untuk mengoptimalkan pendapatan usaha ternak yang sedang dijalankan yaitu:

  1. Pakan Sapi ++
  2. Pakan Domba Kambing ++

 

JADWAL DIKLAT 2018

Jadwal diklat yang akan datang, ditandai dengan warna Hijau

Rabu-Kamis-Jumat, 24-25-26 Januari 2018 Ternak Sapi
Rabu-Kamis-Jumat, 07-08 Februari 2018 Pakan Domba & Kambing ++
Rabu-Kamis-Jumat, 21-22-23 Februari 2018 Ternak Ayam
Rabu-Kamis-Jumat, 28 Februari-01-02 Maret 2018 Ternak Itik
Rabu-Kamis-Jumat, 07-08-09 Maret 2018 Ternak Domba & Kambing
Rabu-Kamis, 21-22 Maret 2018 Pakan Sapi ++
Sabtu-Minggu, 07-08 April 2018 Ternak Sapi
Rabu-Kamis, 25-26 April 2018 Pakan Domba & Kambing ++
Sabtu-Minggu, 05-06 Mei 2018 Ternak Domba & Kambing

 

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui telpon/Whatsapp Messenger:

 

Semua Tentang Sapi

  • Sapi Hereford Sapi Hereford
    Jenis ternak sapi subtropis yang berasal dari daratan Eropa ini sejatinya adalah sapi potong keturunan bos Taurus yang dikembangbiakkan di daerah Hereford, dekat Lembah Severn River, Wales, Inggris Raya.
Breaking News LogoRencana pemerintah yang terburu-buru mendatangkan daging sapi dari Brasil dapat melanggar UU No. 41 Tahun 2014 Tentang Peternakan Dan Kesehatan Hewan.

SEJARAH

ford model a truk pengangkut susu di indonesia 2

SEJARAH TRUK PENGANGKUT SUSU DI INDONESIA

Sejak awal didirikan, target market dari produk "Soesoe Tjap Bendera" memang cukup luas. Oleh sebab itu diperlukan kendaraan yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Lantas jenis mobil apa yang menjadi pilihannya?. Simak disini...

KULINER

CARA MUDAH MEMBUAT BAKSO DAGING SAPI

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu/kanji
  • 350 gr daging sapi
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 100 cc air es
  • 3 sdt garam
  • 1 butir telur

Lanjutkan DISINI

bakso jumbo mas bejo bogor