Loading...

Ampas Bir Rp700 Per Kilogram

Ampas bir adalah salah satu jenis limbah agroindustri di daerah Delanggu, yang mengandung banyak nutrisi, namun belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para peternak sapi potong.

Oleh sebab itu, beberapa mahasiswa dari FMIPA UNY, yaitu Endar Chrisdiyanto, Ema Imtihana Rosyida, dan Garnis Putri Erlista melakukan penelitian berjudul "Pengaruh Pemberian Pakan Fermentasi Limbah Ampas Bir Terhadap Peningkatan Pertumbuhan Daging Sapi Potong". 

Bahan yang digunakan antara lain: dedak halus, molase, ampas bir, jerami, ampas tahu, urea, Wd 2, Brand pollard, hijauan kering, dan premik dalam jumlah takaran yang sudah ditentukan. Hasil fermentasinya kemudian diberikan kepada sapi potong setiap hari dengan jumlah disesuaikan dengan beratnya yaitu 2% dari berat badan. Pemberiannya tidak sekaligus, namun dibagi dua yaitu pada pagi hari sebanyak 25% dan sore harinya 75%.

Penelitian selama 3 bulan dilakukan di sebuah peternakan sapi yang berlokasi di daerah Delanggu, Klaten. Ada 10 ekor sapi limosin untuk uji coba, 5 ekor diberi pakan hijauan serta brand pollard, dan 5 sapi lainnya diberi pakan limbah ampas bir beserta jerami yang di fermentasi.

Hasilnya adalah sebagai berikut:

 

JENIS PAKAN  KENAIKAN BERAT BADAN
Hijauan dan Brand Pollard 7-11 Kg per bulan atau 0,25 Kg per hari
Fermentasi Ampas Bir dan Jerami  25-37 Kg per bulan atau 1 Kg per hari

 

Dari data tesebut terlihat bahwa pakan berupa fermentasi ampas bir mampu meningkatkan pertumbuhan berat badan sapi dengan hasil yang sangat signifikan. Tidak hanya itu,  daging yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus, berwarna merah kering, sesuai dengan kebutuhan pasar.

Sumber: www.uny.ac.id

 

Untuk anda yang membutuhkan ampas bir, silahkan menghubungi Bapak Hadi, Telp. 0812 8482 4895. Ampas bir tersebut berasal dari Tangerang dan bisa dikirim sampai ke kandang.

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Dr. Rahmat Hidayat, S.Pt., M.Si., Pakar Ternak Yang Banyak Mendapat Piagam Penghargaan Dari Universitas Padjadjaran Bandung

Salah satunya adalah Piagam Penghargaan atas Kemampuan dan Prestasi Akademik, Pengabdian sebagai Dosen dalam Melaksanakan Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dan Pembangunan Masyarakat Ilmiah, Sehingga Patut Dinyatakan sebagai :”Peserta Karya Ilmiah Terbaik I Kelompok Eksakta Tingkat Universitas Padjadjaran. Sesuai dengan Kputusan Rektor Universitas Padjadjaran tanggal 9 September 2004 Nomor:1241/J06/Kep/KP/2004. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.