Loading...

Ear Tag Sapi Rp2.500

  • Warna Orange No. 1 sampai 500
  • Warna Kuning No. 1 sampai 100
  • Warna Hijau No. 1 sampai 100

Ear tag adalah adalah anting ternak untuk penanda sebagai identifikasi ternak agar mudah dikenali. Eartag umumnya sudah bernomor, namun ada juga yang kosong dapat ditulis dengan spidol untuk memudahkan identifikasi ternak.

Bahan pembuat ear tag umumnya dari Plastik Karet lentur dan berkualitas sehingga dijamin tahan lama dan tahan cuaca, dapat digunakan berulang-ulang, cocok untuk ternak Sapi, Kambing, Domba, dan juga binatang lainnya, mempunyai komposisi warna yang kontras sehingga mudah untuk membacanya.

Untuk order silahkan KLIK-> GLC 37

----------------

Identifikasi pada sapi berfungsi untuk membedakan antara satu sapi dengan sapi lainnya, karena sapi memiliki warna, bulu, dan bentuk tubuh yang mirip satu dengan lainnya. Manfaat identifikasi antara lain adalah penelitian, untuk rekaman (program pemuliaan), dan menandai ternak yang dipelihara di pertanian yang memiliki lahan cukup luas.

Pada jaman sebelum ada ear tag, para peternak menandai ternaknya dengan cara mencap bagian belakang (panggul ternak) dengan besi panas yang sudah dicetak kode atau nomor tertentu. Kini cara tersebut telah digantikan dengan eartag, kalung nomor, tato, branding, dan bentukan telinga.

Eartag adalah nomor atau kode yang terbuat dari plastik keras dan dipasang secara permanen dibagian telinga sapi, hingga tidak bisa dilepaskan atau dicopot kecuali dengan merusaknya. Eartag sebaiknya dipasang pada saat sapi masih muda (pedet), untuk memperkecil kemungkinan ternak stress.

Karena penggunaan eartag jauh lebih mudah, murah, tahan lama, maka penanda sapi tersebut lebih banyak digunakan. Cara memasangnya cukup mudah, begini langkah-langkahnya:

  1. Siapkan alat dan bahan yaitu: eartag, aplikator, kandang jepit, antiseptik dan kain kasa.
  2. Masukkan ternak kedalam kandang jepit.
  3. Bersihkan daun telinga ternak dari debu dan kotoran.
  4. Pasang eartag pada jarum eartag aplicator, dengan nomor atau angka sebagai pengenal dibagian luar.
  5. Kemudian tekan eartag aplicator pada daun telinga hingga terpasang.
  6. Lepas ear tag aplicator pada daun telinga lalu berikan antiseptik pada telinga tersebut untuk mencegah infeksi.
  7. Lepas sapi dari kandang jepit dan dikembalikan kekandang.
  8. Jika ternak terlihat stress maka lepaskan ternak di padang rumput hingga normal

 

Sumber: babel.litbang.pertanian.go.id

--------------------------------

LOKASI PENJUALAN PRODUK

 

 iklan media tanam karya subur 2Media Tanam "KARYA SUBUR"

Rp15.000

 

pupuk organik sumber subur

Pupuk Organik "SUMBER SUBUR"

Rp20.000

 

sate maranggi duniasapi 1

Sate Maranggi

Rp35.000

--------------------------------

 

"Pil Sapi" Bukanlah Obat Untuk Sapi

Pil adalah suatu sediaan berbentuk bulat atau bulat telur, mengandung satu atau lebih bahan obat untuk pemakaian dalam. Salah satu contohnya adalah pil sapi. Namun Pil Sapi bukanlah nama sebenarnya, melainkan nama yang populer dikalangan penggunanya. Nama aslinya adalah pil Trihex atau THP, dengan nama generik atau istilah kimianya adalah Trihexyphenidyl. Baca Selengkapnya...

KOHE ++ Untuk Media Tanam Pupuk Rp10.000/Pack

Mikroba, memiliki banyak peran penting, termasuk untuk menyuburkan tanah dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan berkuantitas tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menambah jumlah mikroba yang ada di dalam tanah. Mikroba atau mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain disebut sebagai probiotik.

Prof. Dr. Ir. I Wayan Mathius MSc., Doktor Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor

Beliau adalah alumnus SMA Katholik Surya di Atambua, Nusa Tenggara Timur, lulus pada tahun 1969. Tahun 1975 menyelesaikan pendidikan Sarjana Muda dalam bidang Produksi Peternakan pada Universitas Nusa Cendana Kupang, NTT dan Program S1 (1979) di Universitas Udayana Bali dalam bidang yang sama. Read More...

Sebagai Hidangan, Lebih Baik Daging Sapi Atau Kambing?

Daging sapi dan daging kambing tergolong jenis daging merah yang bergizi tinggi. Berdasarkan…

Suka Jeroan Sapi? Kuliner Ini Pasti Favorit Anda

Lagi-lagi Jalan Suryakencana di Bogor, menghadirkan kuliner yang sangat menggoyang lidah. Setelah…

Fluktuasi Harga Daging Sapi, Siapa Yang Diuntungkan?

Kenaikan harga daging sapi ketika mendekati Lebaran menjadi fenomena yang terjadi setiap tahun di…

Siapa Menyangka Food Truck Berawal Dari Bisnis Sapi?

Yang dimaksud dengan Food Truck adalah sebuah konsep bisnis produk makanan ataupun minuman dengan…
  • Toko Duniasapi

    Berlokasi di seputaran wilayah Tajur di Kota Bogor, Toko Duniasapi menyediakan berbagai produk yang berhubungan dengan sapi, mulai dari kuliner, hingga pernak-pernik. Kami memiliki 20 tahun pengalaman menangani berbagai kegiatan peternakan khusus sapi (silahkan lihat liputannya di Tabloid KONTAN), oleh sebab itu hanya produk-produk pilihan yang ditawarkan disini, yaitu:

Pasundan Cow is Believed to Have More Advantages Compared to Other Kinds

Technical Implementing Unit from Bandung is developing the Bos Sundaicus or known as the original Pasundan cow in Jambuhala Village, Desa Celak, Gununghalu, West Bandung, West Java. Just like its name, this is the original livestock from West Java. What makes it different from others is this livestock is believed to have more advantages than other varieties. By doing the good nursery, it is hoped that this variety can become the superior kind.