Fakta Nutrisi Susu Sapi

Apabila ditanya mengenai seberapa sering anda mengkonsumsi susu, pasti anda menjawab sering. Susu bisa dikatakan sebuah minuman yang bisa dikonsumsi untuk semua usia.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tentunya masih membutuhkan susu guna memenuhi kebutuhan tubuh agar semua sistem tubuh bisa berjalan dengan normal. Adapun jenis susu yang sangat digemari oleh banyak orang ialah susu sapi. Di samping rasanya yang lezat, banyaknya susu yang diproduksi oleh hewan ternak ini juga dibandrol dengan harga yang terjangkau, sehingga bisa sangat mudah di konumsi oleh siapa saja.

Mengenai gizi dari susu sapi ini tak perlu diragukan lagi. Jika anda belum mengetahui kandungan-kandungan apa saja yang terdapat didalam susu sapi ini maka simak ulasan berikut :

 

Susu Murni

Sebelum susu sapi diolah menjadi sejumlah jenis, umumnya susu ini akan di hidangkan dalam keadaan segar inilah yang disebut dengan susu murni. Dari susu sapi murni ini terdapat kandungan sebanyak 31% vitamin D harian didalam tubuh kita. Selain itu susu sapi murnipun memiliki kandungan 149 kalori yang terbagi menjadi 7,7 gram protein, 7,9 gram lemak, 11,7 gram karbohidrat dan juga bebas serat. Kemudian ada 8% dan sekitar 276 miligram keperluan viamin A harian.

 

Susu Rendah Lemak

Selanjutnya setelah susu murni berhasil diolah, maka jadilah susu sapi rendah lemak. Susu sapi rendah lemak ini bermanfaat untuk mengurangi kadar lemak yang masuk kedalam tubuh. Jika mengkonsumsi 250mL susu sapi rendah lemak maka bisa ditemukan 8.1 gram protein, 11.7 gram karbohidrat serta serat yang tidak didapatkan dari susu murni. Susu sapi rendah lemak juga memberikan sekitar 350 miligram 10% diantaranya keperluan akan vitamin A harian dan 29% lainnya keperluan vitamin D harian.

 

Susu Coklat

Tak hanya susu rendah lemak saja, susu sapi murni juga bisa diolah menjadi susu rasa coklat. Susu coklat ini merupakan salah satu varian yang sangat disukai oleh kebanyakan orang terutama pada anak-anak karena cita rasanya yang jauh lebih enak dibandingkan dengan susu sapi murni.

Adanya tambahan coklat didalam susu sapi ini bisa membuat jumlah kalori menjadi semakin meningkat hingga 258 kalori/250 ml. Di dalam susu coklat inipun tersimpan sebanyak 2.5 gram lemak, 26.1 karbohidrat, 8.1 gram protein, 24.9 gram gula dan juga 1.3 gram serat.susu sapi rasa coklat memberikan 290 mili gram kalsium, 29% keperluan vitamin D dan 10% vitamin A harian untuk tubuh.

 

Susu Skim

Dan olahan susu sapi murni yang terakhir ialah susu skim. Susu skim ini merupakan susu yang kandungan lemaknya jauh lebih rendah. Tingginya akan kebutuhan untuk melakukan hidup sehat menjadikan keperluan susu skim semakin meningkat. Susu skim ini umumnya di minum oleh sebagian orang yang sedang menjalankan program diet lemak.

Jika anda mengkonsumsi sebanyak 250 mL maka didalamnya terdapat kandungan 83 kalori yang terbagi 0.2 gram lemak, 12.2 gram karbohidrat, 8.3 gram protein dan juga 0 serat. Susu skim ini mempunyai kandungan kalsium sebanyak 299 mili gram, 29% keperluan vitamin D harian serta 10% keperluan vitamin A harian.

 

Dari susu murni, susu skim, susu rendah lemak dan susu coklat semuanya memiliki kandungan-kandungan yang sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Jadi, susu sapi itu termasuk kedalam minuman yang menyehatkan tubuh.

Di tag dibawah

Artikel terkait

  • Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu Tips Mengolah Daging Sapi Jenis Wagyu
    Daging wagyu merupakan salah satu jenis daging sapi dengan harga yang mahal. Karena itulah, banyak sekali orang yang kemudian mencari tips dan trik mengolah daging sapi wagyu agar tetap bisa menjadi hidangan yang sangat lezat.
    Read more...
  • Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat Ini Dia Cara Mengolah Daging Sapi T-Bone yang Tepat
    Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai T-Bone dan bagaimana cara yang tepat dalam mengolahnya. Pernahkah anda mendengar bagian daging sapi yang satu ini? T-Bone merupakan salah satu jenis daging sapi yang terdiri dari daging dan tulang berbentuk huruf T.
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...