Pentingnya Mengkonsumsi Susu Sapi

Semua orang tentunya tahu bukan mengenai susu sapi? Susu sapi merupakan suatu cairan yang bergizi dan berwarna putih. Bahasan kali ini ialah mengenai susu sapi. 

Susu sapi biasanya akan dihasilkan oleh sapi perah yang memang merupakan sapi ternak penghasil susu. Perlu diketahui sapi perah ini begitu efisien dalam merubah makanan ternak seperti konsentrat menjadi susu sapi yang sangat baik unuk pertumbuhan dan kesehatan.

 

Pentingnya Mengkonsumsi Susu Sapi

Sapi perah pada umumnya akan memberikan susu sapi yang bernutrisi dengan keseimbangan yang sempurna dan tidak bisa digantikan dengan bahan makanan lainnya. Susu sapi ini juga dijuluki dengan sebutan darah putih untuk tubuh sebab didalam susu sapi terdapat sejumlah vitamin dan berbagai macam asam amino yang baik sekali bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh.

Adapun kandungan gizi yang terdapat didalam susu sapi ini ialah vitamin B2 dan A. Tak hanya itu saja, susu sapi murni juga memiliki kandungan kolin yang berlimpah. Kolin merupakan nutrisi penting yang berguna untuk membantu gerakan otot, tidur, membantu belajar dan meningkatkan memori atau daya ingat.

Kemudian, kolin ini juga membantu melindungi struktur membran sel, membantu melakukan penyerapan lemak, membantu transmisi impuls saraf dan bisa menurunkan tingkat peradangan kronis. Kandungan-kandungan gizi dari susu sapi lainnya ialah potasium yang bisa menurunkan risiko penyakit stroke, tekanan darah tinggi, penyakit pada organ jantung, dan bisa menjadi sebuah pelindung terhadap hilangnya massa pada otot.

Lalu ada vitamin D yang bisa membuat tulang menjadi sehat, membantu pembentukkan, perbaikan serta pertumbuhan pada tulang. Dan yang paling utama susu sapi ini memiliki peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh serta penyerapan kalsium. Karena banyaknya kandungan di dalam susu sapi ini, maka dari itulah susu sapi perah begitu penting unuk dikonsumsi guna menjaga kesehetan tubuh.

 

Manfaat Mengkonsumsi Susu Sapi

Anda wajib mengkonsumsi susu sapi minimal satu gelas disetiap harinya, dan manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi susu sapi ialah sebagai berikut :

 

1.Susu sapi baik bagi tulang

Yang pertama, susu sapi ini sangat baik bagi kesehatan tulang. Hal tersebut dikarenakan susu sapi merupakan sumber kalisum yang merupakan mineral penting bagi kesehatan gigi dan tulang. Tak hanya itu saja susu sapi juga diperkaya dengan adanya kandungan vitamin D yang memiliki manfaat untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Kandungan vitamin D dan kalsium ini bisa membantu dalam mencegah terjadinya osteoporosis.

 

2.Susu sapi bisa menyehatkan organ jantung

Seperti yang sudah kita ketahui susu sapi merupakan sumber potasium, yang bisa meningkatkan pelebaran pada pembuluh darah atau vasodilatasi dan bisa pula menurunkan tekanan darah. Manfaat dari susu sapi ini sendiri bisa meningkatkan asupan kalium serta bisa mengurangi natrium yang setelah itu dapat menurunkan risiko datangnya penyakit kardiovaskular.

 

3.Susu sapi dapat mengatasi stress atau depresi

Vitamin D yang tercukupi dalam tubuh bisa mendukung produksi seretonin. Seretonin ialah hormon yang berhubungan dengan nafsu makan, suasana hati dan juga tidur. Dibalik itu jika kekurangan vitamin D bisa mengakibatkan kelelahan yang kronis, depresi atau stress dan juga PMS.

Namun dengan mengkonsumsi susu sapi anda bisa mengatasi depresi sebab susu sapi ini diperkaya dengan kandungan vitamin D. Oleh karena itu sangat disarankan jika anda sedang depresi, konsumsilah susu sapi sebab susu sapi bisa menenangkan pikiran anda.

Di tag dibawah

Artikel terkait

  • Ternak Sapi PO Ternak Sapi PO
    "Sapi Peranakan Ongole atau sering dikenal dengan sapi PO adalah sapi yang dihasilkan dari persilangan sapi Ongole dan sapi lokal Jawa. Sapi jenis ini biasanya dikenal sebagai sapi pedaging yang cukup unggul dan kerap digunakan sebagai sapi pekerja. Sapi PO banyak dikembangkan oleh peternak sapi di Indonesia, meski kadang sering disilangkan dengan sapi Brahman. Berikut ulasan singkat tentang ternak sapi PO di Indonesia."
    Read more...
  • Ukuran dan Kapasitas Ideal Kandang Sapi Potong Ukuran dan Kapasitas Ideal Kandang Sapi Potong
    "Artikel kali ini akan membahas tentang model kandang sapi potong yang ideal bagi peternak sapi potong. Topik tentang perkandangan sapi potong selalu menarik untuk dibahas, karena sangat berpengaruh pada keberhasilan usaha peternakan Anda."
    Read more...

Pakar Ternak

Artikel Paling Populer

Most Popular Articles

KOMUNITAS PETERNAK

Serba serbi Lebaran Sapi Bagaimana Sejarah dan Tradisinya

Serba-serbi Lebaran Sapi: Bagaimana Sejarah dan Tradisinya?

Siapa yang tidak bahagia saat lebaran tiba? Banyak orang merayakannya dengan melakukan tradisi mudik lebaran, silaturahmi, dan menyantap ketupat bersama keluarga. Namun, apakah perayaan itu juga berlaku untuk lebaran sapi? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui sejarah, tata cara, peralatan, hingga filosofinya.

Baca Selengkapnya...