RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

TRANSLATE

Cara Menghindari Peternakan Sapi Diserang Penyakit

Peternakan sapi jika tidak dijaga dengan baik pastinya juga akan menimbulkan banyak penyakit. Oleh sebab itulah pemilik ternak haruslah bisa merawat sapi-sapi dengan baik.

5 Cara Menghindarkan Penyakit pada Peternakan Sapi

Ketika memelihara sapi pastinya membutuhkan waktu, tenaga ekstra serta biaya yang tidak sedikit. Namun hal ini tentunya wajar jika ingin menciptakan sapi berkualitas. Demi bisa menciptakan sapi yang berkualitas, pemilik ternak memang harus memperhatikan kesehatan dan menghindarkan dari stress. Jika sapi stress dan tidak sehat, maka berdampak pada kuantitas dan kualitas daging sapi serta susu.

Untuk menghindarkan sapi dari berbagai serangan penyakit. Maka beberapa hal berikut ini harus diperhatikan dengan baik.

 

 

Memperhatikan Kualitas Pakan

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika beternak sapi adalah pakan. Pakan haruslah segar, bergizi serta bebas zat kimia berbahaya. Oleh sebab itulah, memilih pakan sapai haruslah diperhatikan dengan saksama. Jika pakan yang diberikan tidak sesuai kebutuhan sapi, maka bisa terjadi defisiensi zat makanan dan berimbas mudah diserang penyakit. Apabila ingin mencampurkan pakan pun harus menyeimbangkan gizi yang terkandung di masing-masing pakan.

 

 

Memberikan Vaksin

Dengan memberikan vaksin akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh sapi pada berbagai jenis penyakit dari virus, bakteri sampai protozoa. Vaksinasi pada sapi juga mampu menghindarkan dari penyakit menular atau tidak menular. Oleh karena itulah, pemilik peternakan sapi harus bisa memberikan vaksin secara teratur.

 

 

Memandikan Sapi

Dalam satu hari, sapi mampu membuang kotoran sampai 15 kali dan membuat tubuh mudah kotor. Oleh karena itulah sapi perlu dimandikan demi menjaga kebersihan supaya bebas dari kuman dan kotoran penyebab penyakit. Selain itu memandikan sapi juga berguna menjaga metabolisme tubuh sapi dan menjaga kesterilan susu untuk sapi perah. Apabila persediaan air cukup banyak, maka bisa memandikan sapi dua kali sehari. Pada waktu pagi hari dan sore hari. Akan tetapi jika persediaan air hanya sedikit, maka cukup satu kali sehari saja.

 

 

Menjaga Kebersihan Kandang

Selain itu peternak sapi juga harus membersihkan kandang. Perlu diketahui bahwa sapi sering membuang kotoran di dalam kandang ditempat yang berbeda-beda. Bahkan ketika sapi tidur pun bisa diatas kotoran sapi itu sendiri. Oleh sebab itulah, para peternak harus rutin dalam membersihkan kandang setiap hari. Saat kandang kotor, hal ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan sapi. Dari segi ukuran kandang pun juga harus diperhatikan dengan baik juga. Jangan membuat kandang yang terlalu sempit karena hanya akan membuat sapi stress. Lantai kandang sapi juga perlu disemprot dengan desinfektan, wadah pakan dan minum juga dibersihkan. Juga harus melakukan penyemprotan anti serangga apabila dibutuhkan.

 

 

Pengobatan Eksternal

Kulit menjadi bagian luar dari sapi. Dimana kulit ini juga bisa terjangkit parasit, jamur, kudis, atau luka. Jika hal tersebut ditemukan pada kulit sapi, maka harus segera diobati supaya gangguan tersebut tidak menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. Oleh sebab itulah, pembersihan pada sapi tidak hanya seputar pada kandang atau pemberian vaksin. Namun juga harus mengecek dengan baik apa yang terjadi pada kulit sapi tersebut.

Nah itulah beberapa cara perawatan pada peternakan sapi untuk mengurangi risiko penyakit. Bagi Anda yang ingin beternak sapi, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal diatas. Dengan begitu nantinya sapi bisa terhindar dari penyakit, sehingga daging atau susu bisa memiliki kualitas yang baik.

Baca juga: Waspadai Sesak Nafas Akut Pada Sapi

  • 234

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Inilah Bumbu Sambal Super Untuk Sop Iga Sapi Bening

Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri dari beberapa iga, mulai dari iga ke 6 sampai dengan iga ke- 12; untuk potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga. Tulang iga, atau short ribs, biasa diberi bumbu untuk dibuat menjadi sop iga sapi bening Baca selengkapnya...
  • 79

    Lagi Cari Daging Segar di Jakarta Timur?

    Pesan di MEATHUNTER aja! Jual Daging Berkualitas, Impor, Lokal, Murah, Segar, Higienis dan Unggul! Ready daging US, AUS, India, Brazil, dll Fresh, Dijamin HALAL READY SETIAP HARI, siap kirim

MANFAAT SUSU SAPI

Hindari Memberikan Susu Sapi Kepada Anak Kucing, Ini Alasannya...

Pernah menemukan anak kucing ditinggalkan sendirian di suatu tempat oleh induknya? Pasti tidak tega mendengar suaranya yang terdengar seperti tangisan anak bayi. Para pemerhati hewan, umumnya ingin segera mengambil anak kucing tersebut dan membawanya untuk dirawat dengan baik di rumah. Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Gede Banget! Inilah Fakta Unik Sapi Limosin

Bicara soal sapi, jenisnya memang ada banyak. Mulai dari sapi Bali, Belgian Blue, Brahman, hingga limousin. Di antara sapi-sapi tersebut, sapi limosin merupakan sapi yang paling besar badannya. Dengan bodinya yang gede banget itu, terselip banyak fakta unik tentang sapi limousin. Apa saja itu? Duniasapi.com akan mengajak Anda mengulik 5 fakta unik di sapi jumbo itu.Rasanya tak berlebihan memang kalau menyebut Limosin sebagai raksasanya sapi. Pasalnya, sapi ini benar-benar besar ukurannya.… Baca selengkapnya...
  • 77

    Ready Stok Sapi Perempuan

    Hasil kawin suntik Lemosin Induk muda 2x produksi Peranggang/doro Induk anak rambon cocok kawin suntik/ib Induk anak sapi bali Satuan bisa, borongan lebih ringan.