RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

TRANSLATE

Manajemen Sapi Perah Bunting

Sekarang ini semakin banyak orang beternak sapi. Namun tidak semua peternak memahami manajemen yang baik untuk memelihara sapi. Sampai saat ini, produksi sapi perah Indonesia belum mencukupi kebutuhan susu nasional. Salah satu penyebabnya adalah manajemen pemeliharaan yang kurang profesional. Perawatan hewan sapi tidak cukup dengan memberi pakan yang baik serta kandang yang nyaman, melainkan juga memahami kondisi setiap hewan ternak di peternakan.

Salah satunya sebuah situasi khusus yang akan dialami setiap sapi betina, yaitu kebuntingan. Masa bunting seekor sapi merupakan masa paling krusial karena menjadi penentu kualitas keturunan yang akan dilahirkan. Sapi perah bunting harus mendapat manajemen yang baik berupa perawatan khusus sampai tiba waktunya melahirkan. Kebutuhan yang wajib diperhatikan adalah makanan serta kesehatan. Pemberian pakan berkualitas rendah menimbulkan efek buruk pada calon anak sapi.

Seekor sapi bunting sangat membutuhkan gerak badan untuk memudahkan proses kelahiran. Peternak sebaiknya menempatkan sapi bunting di kandang khusus dan melepaskannya di padang rumput setidaknya 2 jam/hari. Sapi yang mengalami stres di masa bunting berisiko terkena Retentiosecundinarium atau ketinggian ari. Beberapa perawatan sapi bunting yang harus dilakukan yaitu:

Manajemen Yang Baik Pada Masa kering

Adalah masa pemberhentian pemerahan susu selama kurang lebih 2 bulan. Tujuannya supaya tubuh induk memiliki cadangan makanan serta memanfaatkan vitamin dari pakan yang dimakan. Dengan demikian, pertumbuhan anak sapi di dalam kandungan tetap terjaga. Ada 3 macam proses pengeringan yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Pemerahan berselang; Pemerahan dilakukan secara berselang sampai akhirnya tidak dilakukan sama sekali hingga sapi melahirkan. Contoh, pemerahan sehari sekali, 2 hari sekali, dan 3 hari sekali sampai akhirnya berhenti.
  • Pemerahan tidak lengkap; Pemerahan susu dilakukan setiap hari. Namun tidak semua puting diperah. Pemerahan tidak lengkap berlangsung beberapa hari sampai akhirnya tidak diperah sama sekali.
  • Pemerahan mendadak; Sebelum dilakukan pemerahan mendadak, sapi bunting mendapat obat penguat 3 hari sebelumnya. Selain itu makanan hijau seperti rumput dan tanaman dikurangi, yaitu hanya ¼ dari biasanya. Langkah ini menjadi lebih efektif jika dikombinasikan dengan pemerahan berselang, yaitu mampu memperkecil gangguan kesehatan ambing.

Manajemen Yang Baik Untuk Pemberian Pakan

Pemberian pakan akan memengaruhi kesehatan induk dan calon anak sapi. Oleh sebab itu, komposisinya perlu diperhitungkan guna meminimalkan masalah metabolik di masa melahirkan atau setelahnya.Di awal masa kering, sapi mendapat sedikit hijauan dan penghentian konsentrat. Kemudian di akhir masa kering, hijauan diberikan seperti biasa dan pemberian konsentrat ditingkatkan.

  

Kebutuhan kandang

  • Ukuran ideal sebuah kandang sapi bunting adalah 2,5x7x1 meter dan dibentuk koloni berisi 3 sampai 4 ekor sapi bunting. Kandang ini tidak diberi sekat, sebab sapi memerlukan ruang gerak. Lantai kandang tidak boleh terlalu miring atau melebihi 50 untuk menghindari jatuh akibat tergelincir.
  • Kebersihan kandang harus selalu dijaga kebersihannya agar sapi tidak mengalami sakit parah. Pun pembuangan air di dalam kandang perlu diperhatikan. Jangan sampai ada genangan air di dalam kandang.
  • Kemudian, induk sapi sebaiknya mandi dengan larutan pencuci hama supaya terhindar dari bakteri dan virus.

Manajemen yang baik untuk perawatan sapi bunting dilanjutkan sampai memasuki fase melahirkan dan laktasi. Setelah melahirkan, sapi tidak boleh diperah karena anak sapi membutuhkan gizi yang cukup dari kolostrum yang dihasilkan. Jeda waktu penghentian pemerahan setelah melahirkan berkisar antara 1½ sampai 2 bulan lamanya. Setiap peternak seharusnya diwajibkan menerapkan cara ternak sapi seperti ini supaya produksi susu semakin meningkat.

Baca juga: Harga Sapi Perah Dan Cerita Tentang Keju Mozarella Khas Malang

  • 156

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Inilah Bumbu Sambal Super Untuk Sop Iga Sapi Bening

Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri dari beberapa iga, mulai dari iga ke 6 sampai dengan iga ke- 12; untuk potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga. Tulang iga, atau short ribs, biasa diberi bumbu untuk dibuat menjadi sop iga sapi bening Baca selengkapnya...
  • 50

    Lagi Cari Daging Segar di Jakarta Timur?

    Pesan di MEATHUNTER aja! Jual Daging Berkualitas, Impor, Lokal, Murah, Segar, Higienis dan Unggul! Ready daging US, AUS, India, Brazil, dll Fresh, Dijamin HALAL READY SETIAP HARI, siap kirim

MANFAAT SUSU SAPI

Apakah Osteoporosis Sekunder Dapat Dicegah Dengan Mengkonsumsi Susu Sapi?

Osteoporosis sekunder adalah jenis pengeroposan tulang akibat kondisi medis dan penggunaan obat-obatan. Contoh kondisi medis kelainan endokrin, gangguan fungsi hati, ginjal, defisiensi vitamin D, gangguan hematologi, kelainan saluran cerna dan berbagai macam obat-obatan. Osteoporosis sekunder juga terjadi pada penderita gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal, contohnya adalah tiroid dan adrenal. Baca selengkapnya...
  • 46

    Ayo Bergabung Bersama Kami, Terbatas Hanya 1 Agen Untuk 1 Kecamatan

    Kami SagaraMilk peternak dan penyalur SUSU SAPI & SUSU KAMBING SEGAR 100% MURNI dari Kabupaten Bandung mencari mitra kerjasama UMKM seperti : Agen & Reseller SUSU. Warung/Kedai. Produk olahan berbahan SUSU SAPI atau SUSU KAMBING. Catering untuk karyawan pabrik/kantor. Siap antar wilayah Bandung, Karawang, Bekasi, Jakarta Timur

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Mengenal Sapi Brahman dan Keunggulan yang Dimilikinya

Sapi brahman menjadi salah satu jenis sapi yang cukup banyak dikembangbiakkan di Indonesia. Untuk sapi ini termasuk ke dalam jenis sapi unggulan. Dimana tubuh yang dimilikinya cukup besar dibandingkan dengan sapi lokal dan mempunyai punuk. Baca selengkapnya...
  • 39

    Ready Stok Sapi Perempuan

    Hasil kawin suntik Lemosin Induk muda 2x produksi Peranggang/doro Induk anak rambon cocok kawin suntik/ib Induk anak sapi bali Satuan bisa, borongan lebih ringan.