RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

TRANSLATE

Konstruksi Dan Acuan Ukuran Kandang Sapi Perah Berdasarkan Kondisi Fisiologis

Salah satu tujuan beternak sapi adalah mencari keuntungan sebanyak-banyaknya bisa dari daging yang dihasilkan ataupun produk susunya. Untuk Itu, pertama-tama peternak wajib memperhatikan kandang sapinya. Kandang sangatlah penting karena berfungsi sebagai tempat perlindungan sapi dari cuaca atau gangguan lainnya seperti hewan pemangsa dan sebagainya.

Kandang juga tempat untuk pertumbuhan sapi agar produksi daging dan atau susunya maksimal. Dan yang tak kalah penting, kandang adalah tempat peternak untuk mencari uang.

 

 

MEMILIH LOKASI KANDANG SAPI

Seperti dikutip dari fkh.ugm.ac.id, lokasi ideal untuk membangun kandang sapi harus jauh dari pemukiman warga namun mudah diakses oleh kendaraan. Tujuannya untuk mengindari keluhan warga dari bau/polusi yang menyengat ataupun pencemaran kotoran sapi yang masuk ke sumur, selokan ataupun saluran irigasi.

Sedangkan dari rumah pemilik kandang sapi sendiri, minimal harus berjarak 10 meter. Jika kondisi tidak memungkinkan, peternak dapat membangun barrier (tembok pembatas) dengan tinggi  3 meter untuk meredam angin yang membawa bau kotoran sapi.

Dan satu syarat lagi yang tak kalah penting, lokasi kandang sapi harus berada pada wilayah yang bebas penyakit ternak, seperti antraks dan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

 

 

ARAH KANDANG SAPI

Kandang sapi harus dibangun dengan mempertimbangkan cahaya matahari, yang berfungsi sebagai desinfektan alami untuk menghambat perkembangbiakan bakteri.

Mengenai arahnya, tergantung pada tipe kandangnya, sebagai berikut:

  • Tipe kandang tunggal; arahnya menghadap ke timur.
  • Tipe kandang ganda; dibangun menghadap ke arah utara dan selatan dengan posisi membujur.

 

 

PERSYARATAN KANDANG SAPI IDEAL

Untuk alasan tersebut diatas ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat kandang sapi yaitu:

  1. Dibuat dengan material berkualitas baik.
  2. Luasnya harus sesuai dengan jumlah sapi, dan harus nyaman.
  3. Mudah dibersihkan
  4. Lantainya tidah boleh licin dan cepat kering ketika kena air.
  5. Harus terpapar sinar matahari terutama pada  pagi dan sore hari.
  6. Sirkulasi udaranya lancar.
  7. Tidak boleh terlalu lembab, idealnya tingkat kelembabannya hanya adalah 60-70% saja.
  8. Atap kandang harus kuat,  tetapi ringan agar tidak mudah ambruk.
  9. Dinding kandang harus bisa melindungi sapi dari terpaan angin.
  10. Tempat pakan harus dirancang sedemikian rupa agar sapi tidak mengalamami kesulitan saat mengambil pakan.
  11. Tempat minum dibuat agar air selalu tersedia setiap hari (ad libitum)

 

 

ACUAN UKURAN KANDANG SAPI DAN FASILITAS PENDUKUNGNYA

Idealnya, kendang sapi harus dibangun dengan  ukuran sebagai berikut:

  1. Panjang dan lebar lantai untuk sapi lokal adalah 2.10 x 1.45 meter. Sementara untuk sapi impor yaitu 2.10 x 1.5 meter.
  2. Lebar tempat pakan dan minum, mengikuti ukuran lebar kandang.
  3. Kedalaman tempat pakan/ransum sapi adalah ±40 cm, demikian juga tempat minumnya.
  4. Di bagian lantai, dibuat selokan sedalam ±20 cm dengan lebar 20-30 cm yang berfungsi  membuang air agar tidak tergenang dan membuat kandang menjadi lembab.
  5. Buatlah jalan di antara kandang baris dengan lebar 1 meter, untuk memudahkan peternak saat melakukan berbagai aktifitasnya.

 

 

KANDANG SAPI MODERN

Di Negara maju, penerapan pola beternak modern memperlihatkan hasil yang signifikan. Berbeda dengan cara ternak sapi perah tradisional seperti di Indonesia, yang pada akhirnya peternak kita kalah bersaing di pasar global. Ada beberapa jenis konstruksi bangunan kandang modern untuk sapi perah yaitu:

 

 

1. Kandang Pejantan 

  • Sapi pejantan sebaiknya memiliki kandang berukuran 3x4 meter dengan halaman berukuran 4x6 meter atau disebut dengan model Loose Box. Model kandang ini dibuat agar sapi dapat leluasa bergerak sehingga tidak mengalami stres.
  • Kandang sapi pejantan memiliki konstruksi bangunan yang lebih kuat. Usahakan ketinggian kandang lebih tinggi dari sapi, yakni sekitar 160 sampai 180 cm.
  • Lantai kandang memiliki arah miring menuju pintu dengan perbedaan tinggi sekitar 5 cm. Untuk halaman, sebaiknya gunakan materi beton pada lantainya.

 

2. Kandang Sapi Dewasa

Kandang ini dapat digunakan pula oleh sapi dara, yaitu sapi yang siap kawin. Seperti konstruksi bangunan kandang pada umumnya, kandang sapi dewasa dilengkapi tempat makan dan air minum masing-masing berukuran 80x50 cm dan 50x40 cm. Sementara untuk ukuran kandang adalah 1,75x1,2 meter.

 

 

3. Kandang Kawin

Pembangunan kandang kawin sebaiknya didekatkan dengan pintu halaman sapi pejantan agar proses perkawinan berlangsung mudah. Kandang ini memiliki ukuran 110x55 cm. Gunakan balok berukuran 20x20 cm dengan menanamnya 50-60 cm di dalam tanah supaya kokoh.

 

 

4. Kandang Melahirkan 

Sapi perah yang siap melahirkan harus segera dipindah ke kandang khusus melahirkan. Pembangunan kandang melahirkan tidak boleh didekatkan dengan kandang pedet. Konstruksi bangunan kandang ini memiliki ukuran 6x6 meter dengan selokan pembuangan dipisahkan dari selokan kandang sapi dewasa. Setiap sudut kandang dibuat melengkung supaya mudah dibersihkan.

 

 

5. Kandang Pedet (anak sapi)

Ada dua macam kandang pedet, yaitu kandang individu untuk sapi yang baru lahir dan kandang kelompok untuk anak sapi berusia 4-8 minggu. Disarankan agar kandang pedet individu tidak terbuat dari tembok karena dapat mengganggu sirkulasi udara.

 

 

6. Kandang Sapi Laktasi

  • Terdapat dua macam kandang laktasi, yaitu sistem loose housing dan stall. Pada sistem stall, peternak bisa memilih bentuk tunggal ataupun ganda. Di beberapa peternakan modern, sistem stall ganda seringkali dijumpai dengan menempatkan sapi dalam dua baris saling berhadapan ataupun bertolak belakang. Sementara pada sistem stall tunggal, sapi ditempatkan dalam satu baris.
  • Sistem loose housing tengah populer di antara para peternak karena dianggap lebih fleksibel dan mudah diperluas ketika jumlah hewan ternak meningkat. Namun sistem ini membutuhkan lahan yang sangat luas supaya sapi perah dapat bergerak bebas dan mendapat udara segar serta sinar matahari yang cukup.

 

7. Kandang Darurat 

Berukuran 150x55x150 cm, kandang darurat atau isolasi ini dibangun untuk memisahkan sapi sehat dengan sapi sakit. Ketika mendeteksi adanya sapi yang mengalami gangguan kesehatan, segera beri perawatan khusus, yaitu dengan memberi obat dan ditempatkan di kandang khusus. Keadaan akan bertambah buruk jika sapi sakit dirawat bersamaan sapi sehat. Sebab dalam waktu singkat penyakit dapat ditularkan ke sapi lainnya.

 

Demikian ulasan mengenai jenis konstruksi bangunan kandang sapi perah modern yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat. 

Baca juga: Harga Sapi Perah Dan Cerita Tentang Keju Mozarella Khas Malang

 

 

 

  • 234

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Dari Empat Jenis Babat Sapi, Cuma Tiga Yang Umum Diolah Menjadi Hidangan Lezat

Babat adalah daging yang berasal dari jeroan hewan, biasanya lambung sapi, yang diolah dan disantap sebagai lauk atau sebagai bagian dari masakan lain, misalnya soto babat, nasi goreng babat dan sebagainya. Teksturnya kenyal dan memiliki citarasa tersendiri, oleh sebab itu banyak yang menyukainya. Ada empat jenis babat sapi yang ternyata memiliki tekstur berbeda-beda. Baca selengkapnya...
  • 77

    Sedia Daging Slice Sapi Untuk BBQ Di Trusmi Plered, Cirebon

    Sukiyaki, Teriyaki, Yakiniku, Shabu-shabu dll. Kami juga menyediakan berbagai macam daging sapi kualitas super. Siap isi Rumah makan, bbq deliveri dll. Produksi Sendiri. Kemasan Styrofoam 250gr, 500gr. Bersih, Premium, Higienis dan Frozen Food. 100% Halal. Keunggulan Produk Kami? "Sehat, Aman, Halal, Utuh dan Toyiban " (SAHUT): SEHAT : Daging memiliki zat-zat yang dibutuhkan dan berguna bagi kesehatan pertumbuhan tubuh manusia AMAN : Daging tidak mengandung bahaya biologi, kimiawi dan fisik…

MANFAAT SUSU SAPI

Apakah Osteoporosis Sekunder Dapat Dicegah Dengan Mengkonsumsi Susu Sapi?

Osteoporosis sekunder adalah jenis pengeroposan tulang akibat kondisi medis dan penggunaan obat-obatan. Contoh kondisi medis kelainan endokrin, gangguan fungsi hati, ginjal, defisiensi vitamin D, gangguan hematologi, kelainan saluran cerna dan berbagai macam obat-obatan. Osteoporosis sekunder juga terjadi pada penderita gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal, contohnya adalah tiroid dan adrenal. Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Sejarah Sapi Belgian Blue yang Jadi Harapan Swasembada Daging

Sejarah Sapi Belgian Blue tak jauh berbeda dari kisah pembiakan wagyu, sapi yang sangat terkenal dari Jepang. Bedanya, jika wagyu tenar berkat kandungan lemak putih atau marblingnya, maka Sapi Belgia ternar berkat otot menonjol bak binaragawan. Baca selengkapnya...