RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

TRANSLATE

Jika Terjadi Penurunan Drastis Dari Berat Badan Ideal, Bisa Jadi Sapi Terkena Penyakit "ANAPLASMOSIS"

Anaplasmosis menjadi penyakit yang umum terjadi di kalangan peternak, dengan kejadian tertinggi berada di Negara bagian Virginia Amerika Serikat. Kerugian yang ditimbulkan adalah penurunan cukup signifikan dari berat badan ideal, abortus, dan pejantan yang mandul. Anaplasmosis tergolong penyakit menular yang menyerang sapi dan  kerbau, melalui perantara vektor.

Salah satu spesies parasit yang menjadi penyebab penyakit ini adalah Anaplasma marginale dan merupakan parasit paling patogen pada ternak sapi. Parasit ini terdapat di dalam eritrosit darah berbentuk mirip bola dengan diameter 0,1 – 0,5 mikron. Kandungan di setiap eritrositnya mencapai enam parasit.

Anaplasmosis menyerang ternak sapi dan kerbau di segala usia. Hewan berusia di bawah 6 bulan sangat rentan terserang, sementara hewan berusia 1 sampai 3 tahun dapat mengalami kematian dengan tingkat mortalitas sebesar 50%. Smith dan Kilborne pertama kali menemukan penyakit ini di Amerika Serikat pada tahun 1893 dan tersebar luas di daerah tropis serta subtropis.

Penularan, Gejala, dan Pencegahan Penyakit Penyebab Penurunan Drastis dari Berat Badan Ideal Sapi

Anaplasma marginale ditularkan melalui gigitan serangga seperti lalat penghisap darah dan caplak. Tidak hanya perantara hewan, Anaplasma marginale juga ditularkan melalui peralatan bedah yang tidak steril (seperti jarum suntik, pemotong tanduk, dan alat bedah lainnya).

Parasit ini dapat bertahan di dalam tubuh lalat selama lebih dari 30 menit, sehingga sangat mungkin lalat ini menularkan Anaplasmosis dari ternak sapi penderita ke sapi sehat lainnya. Apabila kesehatan sapi di peternakan tidak dipantau secara rutin, penularan Anaplasmosis akan menjadi wabah menakutkan.

Dampak ekonomi akibat penurunan berat badan ideal sapi ini sangat besar. Tak hanya pada sapi potong, sejarah dunia peternakan di Indonesia mencatat, di tahun 1978, Anaplasmosis terbukti juga menurunkan produksi susu sapi perah serta pembengkakan biaya perawatan di tempat karantina sapi potong. Kerugian yang ditimbulkan lebih dari Rp500.000.000 setiap tahunnya.

Jika sapi Jauh Dari Berat Badan Ideal Sesuai Umurnya, Segera Lakukan Pemeriksaan!

Gejala klinis Anaplasmosis akan terdeteksi pada hewan ternak sapi dewasa dan apabila mengalami gejala akut sangat mungkin mengakibatkan kematian. Pada anak sapi berusia di bawah satu tahun yang terinfeksi Anaplasma marginale umumnya tidak menunjukkan gejala, namun anak sapi tersebut menjadi pembawa (carrier) penyakit. Akan tetapi, sapi yang sembuh dari penyakit Anaplasmosis akan memiliki imunitas. 

Alangkah baiknya jika pemilik peternakan memahami betul penyakit ini, termasuk gejala umum yang diperlihatkan hewan ternak, yaitu:

  • Peningkatan suhu tubuh hingga 400 C.
  • Pernapasan yang cepat
  • Depresi
  • Penurunan nafsu makan yang drastis
  • Mengalami diare atau kesulitan buang air besar
  • Penurunan produksi susu
  • Mengeluarkan lendir pada puting dan mata
  • Terjadi kematian mendadak

Apabila melihat gejala umum seperti di atas, secepatnya melapor pada Dinas Peternakan dan mengobati hewan yang terjangkit. Kemudian hewan terinfeksi sebaiknya diasingkan supaya tidak menularkan ke hewan lainnya.

Untuk upaya pencegahan bisa dilakukan imunisasi dan penyemprotan pestisida ke kandang dan tubuh hewan. Hal ini duntuk membasmi vektor penyakit agar tidak menularkan parasit.  Kemudian juga menjaga kebersihan kandang, dan menciptakan suasanya yang nyaman agar tidak mengalami stress. 

Baca juga: Waspadai Sesak Nafas Akut Pada Sapi

  • 234

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Cara Benar Cincang Daging Sapi Pakai Pisau, Hasilnya Halus dan Rata

Daging sapi tak hanya diolah dalam bentuk potongan, bisa pula digiling atau dicincang. Daging sapi cincang umumnya digunakan untuk membuat sambal goreng atau bola daging. Daging sapi cincang dapat dibuat sendiri di rumah, dengan memakai blender atau food processor agar hasilnya rata dan lembut. Namun jika tak memiliki alat tersebut, bisa menggunakan pisau. Caranya sebagai berikut: Baca selengkapnya...
  • 69

    Monggo Ready Daging Sapi Segar

    Menerima partai kecil atau besarbesar. Menyediakan: Daging, Ati. Babat, Iso, Tetelan, Balungan, Koyor, Iga, Buntut, Paru, dll.

MANFAAT SUSU SAPI

Perbedaan Susu Sapi dan Susu Kedelai

Susu sapi dan susu kedelai sachet merupakan dua jenis minuman yang sudah sangat familiar di sekitar kita. Pasti banyak dari kita yang tahu perbedaannya, dimana susu sapi sudah tentu diambil atau diperah dari sapi perah. Sementara itu, susu kedelai sachet diperoleh dari kacang kedelai yang sudah diolah sedemikian rupa, kemudian dikemas didalam sachet. Baca selengkapnya...

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Jenis Sapi Potong Indonesia yang Unggul & Berkualitas

Komunitas peternak sapi - Masih ingat konsep empat sehat lima sempurna? Program pemerintah ini mengharuskan tiap-tiap orang untuk mengonsumsi lebih dari satu jenis makanan dalam satu waktu. Yang mana terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah. Jangan lupakan susu yang menjadi nutrisi tambahan. Tubuh membutuhkan nutrisi baik dan seimbang supaya tetap sehat. Jadi konsumsi empat sehat lima sempurna menjadi pilihan paling tepat. Setiap makanan tentunya memiliki kandungan nutrisi… Baca selengkapnya...