RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

TRANSLATE

Pilek Adalah Gejala Penyakit Pada Sapi Yang Disebut Malignant Catarrhal Fever

Ingus adalah sejenis lendir lengket yang ada di dalam rongga hidung. Meski dianggap sebagai kotoran, tetapi perannya sangat penting yaitu sebagai alat untuk mengenali berbagai jenis bau-bauan dengan sangat baik. Selain itu, Kondisi kesehatan sapi bisa terungkap lewat lendir yang keluar dari dalam rongga hidung tersebut.

  • Bening; Lendir dari dalam rongga hidung yang bening masih dianggap normal. Namun jika terus mengalir berlebihan bisa jadi tanda alergi atau akan terserang Flu.  Lendir jernih ini melindungi hidung dari partikel membahayakan yang bertebaran di udara. Umumnya, ingus bening seperti ini mengandung protein, air, antibodi, dan garam.
  • Putih ; Ada kemungkinan hidung tersumbat karena jaringan hidung yang bengkak dan teriritasi. Bisa juga berasal dari infeksi, flu. alergi, atau dehidrasi. 
  • Kuning; Lendir berwarna kuning adalah tanda bahwa tubuh sedang mempertahankan diri supaya tetap sehat dari flu dan infeksi. Warna kuning tersebut berasal dari sel darah putih yang telah mati.
  • Merah; Satu pertanda bahwa jaringan hidung kering, terdapat kerusakan, atau teriritasi. Warna merahnya berasal dari darah.
  • Coklat;  Dapat menjadi petunjuk iritasi didalam rongga hidung, atau  merupakan dampak dari polusi. Lendir berwarna coklat berasal dari darah yang mengering.
  • Hitam; Lendir yang berwarna hitam bisa terjadi bila menghirup asap atau ada  infeksi jamur didalam tubuh 
  • Hijau; Lendir berwarna hijau yang keluar dari rongga hidung menandakan bahwa ada yang tidak beres didalam tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh bekerja lebih keras. Di dalam lendir yang seperti ini, terdapat banyak sel darah putih yang mati dan kepingan sel lainnya. 

Pada ternak sapi, apabila keluar lendir berwarna hijau, atau biasa disebut sebagai ingus hijau yang berlebihan bisa dicurigai telah terinfeksi  sebagai penyakit ingusan atau  malignant catarrhal fever yang disebabkan oleh virus Gamma HerpesviriaeBiasanya, hewan yang menjadi perantara virus tersebut adalah kambing dan domba.

Meskipun gejala ingus hijau tidak tampak pada kedua jenis hewan tersebut, akan tetapi kontak antara sapi dan kambing atau domba kerap kali menjadi salah satu faktor penyebab menyebarnya penyakit tersebut.

Mengingat bahwa sapi potong lebih sering digembalakan daripada sapi perah, hal itulah yang menyebabkan sapi potong lebih sering terserang penyakit ingusan dibandingkan sapi perah.

Bagi para pelaku usaha ternak, penyakit ingus hijau yang menyerang sapi menjadi hal yang cukup meresahkan karena bisa menular kepada sapi lain. Oleh sebab itu. peternak  harus bisa mengenali gejala umum penyakit ingusan yaitu:

  • Sapi mengeluarkan ingus yang awalnya encer kemudian makin lama makin mengental dan menjadi ingus hijau.
  • Air liur menetes dari mulut sapi.
  • Moncong sapi tampak kering, tetapi mengeluarkan nanah.
  • Sapi sulit bernapas karena hidungnya tersumbat kerak ingus hijau.
  • Ternak sapi mengalami demam tinggi.
  • Kornea mata tampak keruh. Pada kondisi yang parah, mata sapi bisa mengalami kebutaan.
  • Kadang-kadang, sapi mengalami sembelit dan diare.
  • Kulit juga bisa mengelupas apabila penyakit ingusan yang diderita sudah akut.
  • Tubuh sapi melemah dan berjalan dengan sempoyongan.
  • Jika kondisi sapi sudah semakin parah, sapi bisa mengalami kelumpuhan total dan bahkan mati.

Penyakit ingus hijau tidak bisa dibiarkan terus berlarut-larut, sayangnya obat untuk penyakit ingusan memang belum ditemukan. Maka yang dapat dilakukan peternak adalah memaksimalkan tindakan pencegahan melalui beberapa cara berikut ini :

  1. Untuk menghindari kontak dengan domba dan kambing, sapi harus dijauhkan dari kedua hewan itu, baik saat digembalakan ataupun lokasi kandangnya 
  2. Kandang, lingkungan dan sapinya harus selalu bersih 
  3. Berikan pakan yang bergizi, untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya.
  4. Jika ada sapi yang sakit,  segera diisolasi supaya tidak menular kepada sapi lain yang masih sehat.
        

Kalau kondisi sapi sudah tidak bisa ditolong lagi sebaiknya segera dipotong saja. Daging dari ternak sapi penderita penyakit ingus hijau tetap dapat dikonsumsi dengan syarat bagian kepala dan isi perut harus dimusnahkan.

Semoga penjelasan tentang penyakit ingus hijau beserta cara menanggulangi hal tersebut dapat bermanfaat, khususnya untuk peningkatan kualitas produk bidang peternakan.

 

  • 234

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Salah Satu Alternatif Bahan Makanan Pendamping ASI Adalah Daging Sapi

Tips dan trik mengolah daging sapi kali ini sangat menarik karena membahas mengenai konsumsi daging sapi untuk bayi. Orangtua di Indonesia masih sangat jarang yang memilih daging sapi untuk MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu untuk bayi diatas 6 bulan. Padahal, daging sapi sebagai pendamping ASI adalah jenis makanan yang memiliki gizi yang sangat lengkap, juga protein tinggi yang mudah diserap oleh tubuh. Baca selengkapnya...
  • 79

    Lagi Cari Daging Segar di Jakarta Timur?

    Pesan di MEATHUNTER aja! Jual Daging Berkualitas, Impor, Lokal, Murah, Segar, Higienis dan Unggul! Ready daging US, AUS, India, Brazil, dll Fresh, Dijamin HALAL READY SETIAP HARI, siap kirim

MANFAAT SUSU SAPI

Cara Menyimpan Susu Murni Agar tidak Cepat Basi

Susu murni segar adalah susu yang baru saja diperah dari hewan ternak. Susu ini sangat mudah basi. Agar bisa disimpan cukup lama, maka diperlukan penanganan cepat. Salah satu caranya adalah dengan menyimpannya di lemari pendingin. Baca selengkapnya...
  • 111

    Ayo Bergabung Bersama Kami, Terbatas Hanya 1 Agen Untuk 1 Kecamatan

    Kami SagaraMilk peternak dan penyalur SUSU SAPI & SUSU KAMBING SEGAR 100% MURNI dari Kabupaten Bandung mencari mitra kerjasama UMKM seperti : Agen & Reseller SUSU. Warung/Kedai. Produk olahan berbahan SUSU SAPI atau SUSU KAMBING. Catering untuk karyawan pabrik/kantor. Siap antar wilayah Bandung, Karawang, Bekasi, Jakarta Timur

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Memiliki Banyak Keunggulan, Sapi Pesisir Layak Dikembangkan

Bangsa sapi lokal terbukti memiliki beberapa keunggulan antara lain: mudah beradaptasi dengan lingkungan tropis, memiliki sifat resistensi cukup baik terhadap penyakit daerah tropis, dan memiliki kemampuan beradaptasi pada kondisi ketersediaan pakan (hijauan) yang terbatas dan bergizi rendah. Selain itu, sapi lokal juga berperan penting dalam sisitem usaha tani di perdesaan dan telah dipelihara peternak dalam waktu yang lama. Salah satunya adalah Sapi Pesisir, sapi asli yang berkembang di… Baca selengkapnya...