RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

TRANSLATE

Kenali Gejala Penyakit Radang Usus Kronis Pada Sapi

Nama penyakit yang menyebabkan radang usus kronis pada sapi ini adalah Johne’s Disease.  Merupakan salah satu penyakit yang menjangkiti ternak sapi, baik sapi potong maupun sapi perah, yang dapat menyebabkan kematian. Penyakit yang juga umum disebut dengan nama Paratuberkulosis ini merupakan penyakit menahun yang disebabkan oleh infeksi Mycobacterium avium subsp.

Paratuberculosis atau biasa disebut MAP. Johne’s Disease ditularkan melalui makanan dan minuman oleh penderita Paratuberculosis sub-klinis. Gejala penyakit ini ditunjukkan lewat turunnya kondisi tubuh, membengkaknya intramadibular hingga terjadinya diare hebat.

Namun begitu, nafsu makan dan suhu tubuh sapi biasanya tetap normal. Karena perkembangan penyakit radang usus kronis yang lambat, sapi yang terkena Johne’s Disease biasanya baru menampakkan gejala penyakit ini pada usia dua hingga sepuluh tahun, walau infeksinya terjadi pada saat sapi tersebut baru lahir.

Gejala klinis ini biasanya terlihat setelah sapi melahirkan anak pertama atau kedua. Sapi yang terkena penyakit ini dapat menularkan penyakitnya melalui feses, dan berbahaya bagi hewan yang sering berinteraksi dengannya. Bahaya ini lebih besar pada anak sapi dibandingkan pada sapi dewasa, karena anak sapi lebih sensitif dibandingkan sapi dewasa.

Pada anak sapi, penularan penyakit radang usus kronis ini dapat terjadi melalui feses hewan sakit yang menempel pada puting susu induk atau pakan ternak yang tercemar feses yang mengandung MAP. Pada temuan di lapangan, didapatkan bahwa 90% sapi yang terinfeksi memperlihatkan kondisi fisik yang sehat. Karenanya, untuk mengetahui secara pasti apakah sapi mengidap Johne’s Disease atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan klinis yang diikuti dengan pengujian laboratoris yang meliputi pemeriksaan patologi, isolasi, dan identifikasi bakteri.

Berdasarkan gejalanya, Johne’s Disease terdiri dari 4 (empat) stadium, yakni:

  • Stadium 1;  Fase ini juga disebut sebagai fase diam, karena gejala sub-klinik tidak terdeteksi walaupun hewan sudah terinfeksi MAP. Fase ini biasanya terjadi pada anak sapi dan sapi muda.
  • Stadium 2; Fase sub-klinis. Fase ini biasa terjadi pada sapi muda yang lebih tua atau sapi dewasa. Dari luar, sapi nampak sehat. Namun sebenarnya mereka merupakan pembawa bakteri (carrier) yang sewaktu-waktu dapat menularkan penyakit itu pada hewan lain. Sapi ini memiliki banyak MAP pada kotorannya yang dapat dideteksi melalui kultur.
  • Stadium 3; Pada fase ini, sapi memperlihatkan gejala klinis berupa bentuk diare yang sangat cair (intermittent) dan berbau busuk. Selain itu, sapi juga memperlihatkan penurunan berat badan dan produksi susu. Pada fase ini, Johne’s Disease dapat dideteksi melalui uji serologi.
  • Stadium 4; Fase ini merupakan fase terakhir dari penampakan gejala Johne’s Disease. Pada fase ini, sapi menjadi sangat kurus. Sapi juga mengalami diare cair dan memperlihatkan adanya edema pada rahang bawah (bottlejaw) yang dapat berakibat fatal.

Johne’s Disease merupakan penyakit radang usus kronis yang biasanya resisten terhadap antibiotika dan terapi pengobatan lainnya. Sehingga dapat dikatakan tidak ada pengobatan yang efektif untuk penyakit ini. Karenanya, begitu sapi terdeteksi mengidap penyakit ini, rekomendasi yang diberikan biasanya adalah langsung memotong sapi tersebut untuk menghindari penularan kepada sapi lain di dalam peternakan. Setelah dipotong, sapi tersebut masih dapat dikonsumsi selama jaringan yang terserang penyakit dimusnahkan dengan cara dibakar.

Tidak adanya pengobatan efektif untuk penyakit radang usus kronis ini menjadikan pencegahan sebagai satu-satunya antisipasi yang dilakukan. Pencegahan terhadap penyakit ini dapat dilakukan dengan menjaga peternakan sapi, terutama kandang sapi, tetap bersih dan melakukan vaksinasi. Vaksinasi dapat dilakukan dengan vaksin inaktif atau vaksin aktif. 

Baca juga: Waspadai Sesak Nafas Akut Pada Sapi

Jika menggunakan vaksin inaktif (yang menggunakan bakteri Mycobacterium Paratuberculosis yang telah jinak), vaksin disuntikkan di bagian bawah kulit. Sedangkan jika menggunakan vaksin aktif, vaksin disuntikkan di bawah kulit leher. Pada anak sapi, vaksin disuntikkan saat anak sapi (pedet) tersebut berumur kurang dari satu bulan.

Demikian sekilas mengenai penyakit radang usus kronis pada sapi. 

  • 234

    Promosikan Bisnismu Disini! Mudah Murah Dan Tepat Sasaran

    Iklan penawaran barang atau jasa adalah salah satu strategi promosi yang sangat efektif menyasar target pasar secara luas dan cepat, untuk berbagai jenis produk bahkan termasuk hasil peternakan sapi berikut produk olahannya. Untuk Anda yang saat ini membutuhkan media promosi yang tepat untuk menawarkan daging, susu, bibit sapi, sapi potong, sapi perah, sapi kurban dan produk olahan pangan seperti: sosis, kornet, yoghurt, keju serta kuliner, kini tersedia program promosi untuk keperluan…

SERBA SERBI DAGING SAPI

Cara Membuat Dendeng Sapi Ala Rumahan

Dendeng adalah daging yang dipotong tipis menjadi serpihan yang lemaknya dipangkas, dibumbui dengan saus asam, asin atau manis dengan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan dan dijemur. Hasilnya adalah daging yang asin dan setengah manis dan tidak perlu disimpan di lemari es. Dendeng adalah contoh makanan yang diawetkan. Baca selengkapnya...
  • 77

    Sedia Daging Slice Sapi Untuk BBQ Di Trusmi Plered, Cirebon

    Sukiyaki, Teriyaki, Yakiniku, Shabu-shabu dll. Kami juga menyediakan berbagai macam daging sapi kualitas super. Siap isi Rumah makan, bbq deliveri dll. Produksi Sendiri. Kemasan Styrofoam 250gr, 500gr. Bersih, Premium, Higienis dan Frozen Food. 100% Halal. Keunggulan Produk Kami? "Sehat, Aman, Halal, Utuh dan Toyiban " (SAHUT): SEHAT : Daging memiliki zat-zat yang dibutuhkan dan berguna bagi kesehatan pertumbuhan tubuh manusia AMAN : Daging tidak mengandung bahaya biologi, kimiawi dan fisik…

MANFAAT SUSU SAPI

Tak Hanya Menguatkan Tulang, Banyak Manfaat Susu Sapi Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Kalsium dan susu merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan. Pasalnya, kedua hal tersebut ialah khasiat susu sapi yang sangat terkenal. Padahal faktanya tak hanya kalsium saja, banyak sekali manfaat susu sapi yang tak kalah penting dari kalsium. Di semua seluruh negara maju, manfaat susu sapi yang utama adalah sebagai sumber kekuatan kesehatan tubuh. Baca selengkapnya...
  • 111

    Ayo Bergabung Bersama Kami, Terbatas Hanya 1 Agen Untuk 1 Kecamatan

    Kami SagaraMilk peternak dan penyalur SUSU SAPI & SUSU KAMBING SEGAR 100% MURNI dari Kabupaten Bandung mencari mitra kerjasama UMKM seperti : Agen & Reseller SUSU. Warung/Kedai. Produk olahan berbahan SUSU SAPI atau SUSU KAMBING. Catering untuk karyawan pabrik/kantor. Siap antar wilayah Bandung, Karawang, Bekasi, Jakarta Timur

JENIS SAPI & HARGA SAPI

Sapi Jabres, Sangat Menguntungkan Untuk Dibudidayakan

Di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terdapat sapi lokal yang disebut Jabres. Jabres adalah singkatan dar kata 'Jawa' dan 'Brebes'. Sapi jabres diduga merupakan hasil persilangan antara sapi madura atau sapi bali dengan sapi lokal atau ongole. Sapi ini berkembang dengan baik di daerah dataran tinggi Kabupaten Brebes bagian selatan. Baca selengkapnya...
  • 93

    Jual Sapi 22 Ekor

    Bagi yang siap borong semua juga boleh. Lokasi Ds sawangan doro Kab. Pekalongan.