RAGAM INFORMASI

TENTANG DUNIA PERSAPIAN

Semua Makanan Untuk Manusia Yang Tidak Lagi Bisa Dikonsumsi, Bisa Jadi Bahan Baku Pakan Sapi

Pakan sapi dapat dibuat dengan mudah. Hanya dengan menggiling semua bahan baku menggunakan mesin menjadi serpihan, kemudian dikemas dalam karung ukuran 50 Kg. Bahan bakunya juga banyak macamnya seperti sisa sukro, senek, ikan asin juga kurma. Pokoknya, semua makanan yang tidak bisa lagi dikonsumsi manusia bisa jadi pakan sapi.

Demikian yang dikatakan oleh Haji Maulud atau lebih dikenal dengan nama 'Haji Ulud'. Lebih 30 tahun Haji Ulud menjalankan bisnis ini, bahkan menjadi satu-satunya produsen pakan sapi di Kabupaten Garut.

Nyaris semua peternak sapi di Garut menjadi pelanggannya, terbanyak ada di Kecamatan Bayongbong dan Kecamatan Sukaregang. Ketika ditanya mengenai pengaruh pandemi Covid-19 pada bisnisnya, jawabannya agak diluar dugaan.

Semua Makanan Yang Tidak Lagi Dikonsumsi Manusia Bisa Jadi Bahan Baku Pakan SapiDi saat pandemi seperti sekarang ini dimana banyak sekali perusahaan yang gulung tikar, bisnis pakan sapi Haji Ulud masih berjalan, bahkan terjadi lonjakan permintaan.

Peningkatan terjadi karena sapi para peternak sapi hanya bisa membeli pakan dari produsen terdekat, saat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan di Garut. Kondisi ini membuat pabrik pakan sapi Haji Ulud banjir pesanan. 

Walaupun demikian, Haji Ulud tidak serta merta menaikkan harganya yakni tetap Rp2.400 per Kg.

Dalam sebulan Haji Ulud bisa menjual produknya sekitar 60 ton. Ia tidak memiliki rencana meningkatkan jumlah produksinya, karena pabrik pakan sapi yang terletak di Komplek Perumahan Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi itu hanya memiliki 12 orang pekerja saja.

Alasannya, Haji Ulud ingin fokus juga pada dua unit bisnisnya yang lain, yaitu minyak kacang dan bungkil kedelai sebagai bahan baku pembuatan oncom.

Bagaimana, apakah anda berminat jadi pengusaha pakan sapi?

 

Sumber: ayobandung.com

Cara Memasak Daging Wagyu Yang Benar

Para penggemar daging pasti punya pilihan masing-masing soal hidangan wagyu. Tidak ada peraturan tertulis tentang tata cara memasak daging wagyu yang benar, sehingga setiap orang bebas mengolah daging sapi khas Jepang ini sesuai selera. Tetapi, bagaimana ya kalau menurut pendapat tukang masak profesional? Baca selengkapnya...

Komponen Apa Saja Yang Harus Ada Pada Catatan Keuangan Bisnis Sapi Perah?

Recording pada bisnis sapi perah adalah pencatatan yang dikerjakan oleh peternak untuk mengetahui gagal atau berhasilnya suatu usaha peternakan. Recording bisa berupa catatan keuangan dan atau catatan lain, yang nantinya digunakan untuk mempermudah membuat keputusan yang tepat untuk program selanjutnya. Baca selengkapnya...

Manajemen Proyek Bisnis Pengadaan Anakan Sapi Perah (Pedet)

Tak hanya tata cara pemeliharaan, pakan dan jenis kandang termasuk faktor-faktor yang harus diperhitungkan sebagai bagian dari manajemen proyek bisnis pengadaan anakan sapi perah.Pemeliharaan anak sapi perah (pedet) merupakan kunci keberhasilan peternakan sapi perah. Maka, anakan yang sehat akan tumbuh menjadi indukan yang baik pula. Hal yang akan menjaga produktivitasnya dalam menghasilkan susu Baca selengkapnya...

Sapi Bermuka Dua Milik Pengusaha Sukses Di Bidang Peternakan Ini Dipelihara Dengan Penuh Kasih Sayang

Mutasi genetik adalah satu peristiwa yang bisa terjadi secara alami pada hewan. Prosesnya ditandai dengan kelainan pada fisik. Karena berbeda struktur dengan gen pada umumnya, sebagian besar hewan yang mengalami mutasi genetik akan mati di dalam rahim. Sebagian kecil yang lahir pun hanya mampu bertahan hidup beberapa hari saja. Baca selengkapnya...